Jitunews.Com
15 Agustus 2022 22:41 WIB

Pejabat AS Kembali Kunjungi Taiwan, China: Dunia Melihat dengan Jelas Siapa yang Memprovokasi

Dubes China untuk PBB mengatakan bahwa AS lah yang melakukan tindak provokasi dalam isu Taiwan

AS-China (istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Duta Besar China untuk PBB, Zhang Jun, mengatakan bahwa seluruh dunia sudah melihat dengan jelas siapa yang melakukan tindak provokasi dengan berusaha mengubah status quo di Taiwan.

"Seluruh dunia melihat dengan jelas siapa yang memprovokasi, siapa yang mengubah status quo dan siapa yang mencoba menciptakan masalah... Kami akan terus melakukan apa pun yang kami bisa untuk mempertahankan kedaulatan dan integritas teritorial kami," kata duta besar.

Sebelumnya pada hari itu, Kementerian Pertahanan China mengecam kunjungan delegasi kongres AS ke Taiwan, dengan mengatakan bahwa itu melanggar kedaulatan dan integritas teritorial negara itu. Delegasi itu tiba di Taiwan dua minggu setelah kunjungan kontroversial Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taipei, yang secara serius memperburuk hubungan AS-China.



Sudah Dapat Bantuan Finansial dari Negara Barat, Tapi Ukraina Masih Kesulitan Bayar Gaji Tentaranya

Seperti diketahui, China sejauh ini masih menganggap Taiwan sebagai wilayah kedaulatannya, meski pulau itu sudah membentuk pemerintahan sendiri sejak memisahkan diri dari China daratan pada 1949 silam. China juga yakin jika Taipei pada akhirnya akan kembali bergabung dengan China Daratan, dan akan mengupayakannya meski harus menggunakan kekuatan militer.

Sementara itu, meski tidak memiliki hubungan resmi dengan Taiwan, Amerika Serikat masih menjadi sekutu terbesar negara kepulauan itu, terutama dalam bidang keamanan. Pemerintah AS juga berkomitmen untuk terus membantu Taiwan "mempertahankan diri" ditengah tekanan dari China.

 

Perjanjian Nuklir AS-Rusia Harus Dilanjutkan, Atau Dunia Terancam Hadapi Perang Nuklir
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait