Jitunews.Com
15 Agustus 2022 14:00 WIB

Swedia Berniat Bikin Senjata untuk Pasukan Ukraina

Menhan Swedia mengatakan bahwa dirinya tidak membantah soal kemungkinan Swedia memproduksi senjata bagi pasukan Ukriana

Pasukan militer Ukraina (istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Pertahanan Swedia Peter Hultqvist mengatakan bahwa pihaknya dapat mulai memproduksi senjata untuk pemerintahan Volodymyr Zelensky saat Rusia melanjutkan operasi khusus untuk mendemiliterisasi dan de-Nazifikasi Ukraina. Hal itu ia sampaikan dalam sebuah wawancara dengan kantor berita Swedia, SVT.

"Ini bukan sesuatu yang akan saya singkirkan, tetapi terlalu dini untuk mengatakannya," kata Hultqvist.

Hanya saja, ia menambahkan bahwa sejauh ini pihaknya belum mengeluarkan keputusan akhir tentang masalah ini.



Hungaria Sebut Sanksi Anti-Rusia Sudah Salah Sampai Intinya

Menurut Sang Menteri Pertahanan, negara-negara barat bersiap menghadapi konflik Ukraina yang berkepanjangan. Oleh karena itu, Hultqvist mempertimbangkan niat AS, Uni Eropa, dan negara-negara barat lainnya untuk menopang rezim Kiev dengan pelatihan militer, pembersihan ranjau, dan produksi senjata.

“Kami positif tentang ketiga arah (AS, Uni Eropa dan negara barat), tetapi pada akhirnya kami akan melihat bagaimana semuanya bersatu,” kata Hultqvist.

Rusia memulai operasi demiliterisasi dan de-Nazifikasi Ukraina pada 24 Februari 2022 setelah Republik Rakyat Donetsk dan Lugansk meminta Moskow untuk membantu mempertahankan kedua wilayah tersebut dari serangan intensif oleh pasukan Ukraina.

Kementerian Pertahanan Rusia telah berulang kali memperingatkan AS, Inggris, dan negara-negara barat lain agar tidak menyalurkan senjata dan bantuan lainnya kepada pihak berwenang Kiev, dan menekankan bahwa langkah tersebut hanya akan memperpanjang dan memanaskan situasi konflik.

Kerjasama Rusia-Pakistan Menguat, Putin: Termasuk dalam Hal Kontra-Terorisme dan Masalah Afghanistan
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait