Jitunews.Com
10 Agustus 2022 18:30 WIB

AS Berharap Selandia Baru Ikut Gabung Aliansi AUKUS

Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat mengatakan bahwa pihaknya tidak menutup kemungkinan jika Selandia Baru nantinya akan bergabung dengan aliansi AUKUS

Wakil Menteri Luar Negeri AS, Wendy Sherman (istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Menteri Luar Negeri AS Wendy Sherman mengatakan bahwa Selandia Baru pada akhirnya dapat bergabung menjad anggota pakta pertahanan AUKUS yang saat ini terdiri dari Australia, Inggris dan Amerika Serikat. Hal itu ia sampaikan dalam sebuah wawancara dengan Radio New Zealand.

"Kami selalu mengatakan bahwa ke depan saat kami melihat teknologi baru lainnya dan apa artinya itu bagi keamanan semua orang di dunia, bahwa mungkin ada ruang bagi orang lain untuk bergabung, jadi tentu saja jika saatnya tiba, Selandia Baru adalah negara yang akan menjalin pembicaraan dengan kami," kata Sherman.

Seperti diketahui, pada bulan September 2021, Australia, Inggris, dan AS telah mengumumkan kemitraan trilateral baru AUKUS, dimana dalam kerjasama itu, Australia nantinya akan mendapatkan kapal selam bertenaga nuklir dari AS dan Inggris.



Ukraina Blokir Pasokan Minyak Mentah Rusia ke Uni Eropa

Beberapa hari sebelum pengumuman kerjasama tersebut, pemerintah Australia secara sepihak membatalkan kerjasama pengadaan 12 unit kapal selam konvensional dengan Perancis, dengan nilai kontrak mencapai USD 66 Miliar. Tentu saja, langkah itu membuat pemerintah Perancis marah besar dan memicu ketegangan dalam hubungan diplomatik antara Canberra dengan Paris.

Kunjungannya ke Taiwan Bikin China Marah, Pelosi: Sangat 'Worth It'
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait