Jitunews.Com
1 Agustus 2022 13:30 WIB

Dua Tahun Ditutup karena Pandemi, Perbatasan Selandia Baru Kini Sudah Dibuka Kembali

Pemerintah Selandia Baru memutuskan untuk sepenuhnya membuka wilayah perbatasan dan mengijinkan wisatawan maupun pelajar internasional untuk masuk ke wilayahnya mulai 1 Agustus 2022

Jacinda Ardern (istimewa)

AUCKLAND, JITUNEWS.COM - Perbatasan Selandia Baru dikabarkan sudah kembali dibuka secara sepenuhnya untuk pengunjung dari seluruh dunia mulai Senin (1/8), setelah lebih dari dua tahun ditutup karena pandemi COVID-19.

Sebelumnya, pemerintah Selandia Baru sudah melonggarkan aturan pembatasan sosial, salah satunya dengan membuka wilayah perbatasan pada Februari 2022 kemarin. Hanya saja, hanya warga negara Selandia Baru saja yang diijinkan masuk ke wilayahnya.

Menurut laporan Reuters, proses pembukaan kembali perbatasan untuk warga negara asing dimulai tadi malam dengan pengunjung yang membutuhkan visa dan mereka yang menggunakan visa pelajar sekarang juga diizinkan untuk masuk ke wilayah Selandia Baru. Selandia Baru sekarang juga mengizinkan kapal pesiar dan yacht rekreasi asing berlabuh di pelabuhannya.



Kosovo-Serbia Memanas, Pasukan NATO Terpaksa Turun Tangan

Pelajar internasional merupakan kontributor signifikan bagi perekonomian Selandia Baru dan pembukaan kembali perbatasan diharapkan mampu memberikan dorongan bagi sekolah dan universitas di seluruh negara.

Dalam pidatonya di China Business Summit di Auckland pada Senin (1/8), Perdana Menteri Jacinda Ardern mengatakan bahwa pembukaan tahap terakhir dari perbatasan Selandia Baru merupakan momen yang sangat besar.

“Ini merupakan proses bertahap dan hati-hati di pihak kami sejak Februari karena kami, bersama seluruh dunia, terus mengelola pandemi global yang sangat nyata, sambil menjaga orang-orang kami tetap aman,” ujarnya.

Hizbullah Ancam Serang Israel jika Sengketa Wilayah dengan Lebanon Tak Segera Diselesaikan
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait