Jitunews.Com
31 Juli 2022 09:43 WIB

Soal Kasus Meme Stupa Mirip Jokowi, Lieus Anggap Polisi Cepat Sensitif ke Roy Suryo

Harusnya proses hukum fokus ke akun pembuat meme.

Tokoh Masyarakat Tionghoa Jakarta, Lieus Sungkharisma. (Jitunews/Rezaldy)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Aktivis sosial yang juga tokoh berdarah Tionghoa, Lieus Sungkharisma membela pakar telematika Roy Suryo yang tengah tersandung kasus dugaan penistaan agama. Hal ini buntut unggahan meme stupa Borobudur mirip wajah Presiden Jokowi.

Lieus meminta aparat tidak hanya fokus pada Roy selaku tersangka. Menurutnya, tiga akun yang dilaporkan Roy juga perlu didalami karena diduga sebagai pembuat meme.

"Polisi jangan cepat-cepatlah ini sensitif. Kalau sampai Roy Suryo diproses ini enggak bagus. Apalagi Beliau sudah minta maaf secara umum. Dia sudah take down, dia inisiatif laporkan tiga orang yang buat tiga akun itu," kata Lieus, seperti dilansir dari detik.com, Minggu (31/7).



Lieus Sungkharisma Bela Roy Suryo, Ruhut Sitompul: Ikut Dong Masuk Penjara

Dia menilai, Roy harusnya tidak didahulukan proses hukumnya ketimbang pembuat konten meme stupa. Lagipula, bagi Lieus selaku umat Buddha, tidak merasa tersinggung atas meme tersebut.

"Saya minta pak polisi jangan diarahkan ke Roy Suryo dulu, jangan dipaksakan. Panggil dulu tiga orang itu motifnya apa ini orang bikin meme yang sebetulnya kita umat Buddha nggak masalah karena ada patung Buddha yang mukanya mirip Gus Dur," ujarnya.

Diketahui, Roy Suryo dijerat pasal penistaan agama terkait unggahan meme stupa mirip Jokowi. Pada Kamis (28/7), kedua kalinya ia menjalani pemeriksaan sebagai tersangka.

Unggahan Meme Stupa Roy Bukan Penistaan, Lieus: Umat Buddha itu Bukan Pemuja Patung
Halaman:
  • Penulis: Iskandar

Rekomendasi

 

Berita Terkait