Jitunews.Com
24 Juli 2022 06:00 WIB

Tak Setuju Nama JIS Diubah, Musni Umar: Jakarta Harus Dijadikan Ikon Kota Global

JJ Rizal meminta Anies menyematkan nama MH Thamrin pada stadion bertaraf internasional itu.

Musni Umar (twitter.com)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Sosiolog Musni Umar tak sepakat bila nama Jakarta International Stadium (JIS) diubah menjadi MH Thamrin Stadion Internasional Jakarta. Menurutnya, tak perlu nama tokoh Betawi itu jadi nama stadion. Lagipula MH Thamrin sendiri sudah diabadikan sebagai nama jalan di Jakarta.

“Ada yang usul JIS diubah namanya MH Internasional Stadium. MH Thamrin sudah diabadikan nama jl. di pusat kota Jakarta,” tulisnya di akun Twitter @musniumar, dikutip Minggu (24/7).

Musni Umar menilai Jakarta International Stadium merupakan nama yang sangat tepat. Jakarta, lanjut dia, harus menjadi ikon global di masa depan. Penyematan nama Jakarta pada fasilitas bertaraf internasional dinilai sebagai salah satu langkahnya.



Bicara Soal Prestasi Anies Baswedan, Sekjen PDIP: Sudah Pasti Bingung

“Menurut saya sudah tepat nama Jakarta International Stadium (JIS). Jakarta harus dijadikan ikon kota global yang disematkan pada nama bangunan yang bertaraf internasional supaya selalu diingat,” jelas rektor Universitas Ibnu Chaldun itu.

Sebelumnya, sejarawan JJ Rizal melalui petisinya terhadap Gubernur Anies Baswedan, meminta agar nama Jakarta International Stadium (JIS) diubah menjadi MH Thamrin Stadion Internasional Jakarta. Hal itu didasari peran MH Thamrin dalam merintis sepak bola modern Indonesia.

“Ia (MH Thamrin –red) membangun sepakbola modern Indonesia sebagai reaktor kebangsaan, sehingga Jakarta jadi ibukota sepakbola kebangsaan Indonesia. Inilah warisan (legacy) Thamrin yang berharga dan khas, tapi terlupa,” tulis JJ Rizal dalam petisi yang termuat di situs change.org.

“Darma bakti dan warisan Thamrin begitu besar kepada sepakbola serta jadi utang budi tak ternilai. Seharusnya ini cukup menggugah kesadaran buat mencicil.”

“Memberi nama JIS dengan MH Thamrin Stadion Internasional Jakarta adalah awal yang baik. Bangunan monumental harus diimbangi nama dari amal sejarah yang monumental dan tak kering-kering mengalirkan keteladanan bagi sepak bola serta kebangsaan kita hari ini juga masa depan.”

Sekjen PDIP Minta Sebutkan Prestasi Anies Baswedan, NasDem: Kudet
Halaman:
  • Penulis: Iskandar

Rekomendasi

 

Berita Terkait