Jitunews.Com
12 Juli 2022 15:30 WIB

Tuntut Pencabutan UU Ciptaker, Jumhur Bakal Terjunkan Jutaan Massa ke Jalan

UU Ciptaker dinilai menurunkan standar kesejahteraan kaum buruh.

Jumhur Hidayat (Dok. Antara/Ujang Zaelani)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Jumhur Hidayat masih berjuang untuk mendorong pencabutan UU Omnibus Law sektor Ketenagakerjaan. Dia mengaku bakal menerjunkan jutaan massa pada 10 Agustus 2022 di sejumlah kota secara serentak.

"Elemen buruh yang bakal tergabung dalam aliansi ini adalah dari KPBI (Konferensi Serikat Buruh Indonesia), Konferensi Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), Konferensi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) dan aliansi buruh lainnya," terang Jumhur Hidayat dalam konferensi pers aksi sejuta buruh di Gedung Joeang, Menteng Raya, Jakarta Pusat, Senin (11/7).

Menurut Jumhur, standar kesejahteraan bagi kaum buruh anjlok akibat UU tersebut. Hal itu dikarenakan status kerja yang tidak pasti, alih daya (outsourcing), dan PHK yang bisa terjadi setiap saat.



Presiden Buruh: Tidak Boleh Ada Orang Kelaparan di Negeri yang Kaya

Sebab itu, kata Jumhur, pihaknya menuntut pemerintah dan DPR untuk mencabut UU Ciptaker. Dia juga memastikan pihaknya siap berdialog secara konstruktif untuk memperbaiki kebijakan terkait ketenagakerjaan.

"Baik yang diatur dalam sebuah UU maupun aturan-aturan turunannya," lanjut Jumhur.

Tak Kenal Wamenaker Afriansyah Noor, Presiden KSPI: Pilihan Jokowi Harus Dihormati
Halaman:
  • Penulis: Iskandar

Rekomendasi

 

Berita Terkait