Jitunews.Com
4 Juli 2022 08:44 WIB

Prihatin 46 Jemaah Haji Dipulangkan ke RI, Wamenag Minta Umat Cermat Plih Biro Travel

Zainut mengingatkan agar masyarakat lebih berhati-hati memilih biro perjalanan haji dan umroh

Zainut Tauhid (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Menteri Agama RI Zainut Tauhid Sa'adi mengaku prihatin dengan insiden pemulangan 46 haji asal Indonesia karena masuk kategori  emaah furoda (non-kuota) yang menggunakan visa tidak resmi (visa mujamalah).

Zainut mengingatkan agar masyarakat lebih berhati-hati memilih biro perjalanan haji dan umroh. Ia menegaskan bahwa haji furoda sepenuhnya wewenang Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

"Harapan kami agar betul-betul dilaksanakan oleh travel yang memiliki izin dan juga punya pengalaman sebagai travel yang tingkat pelayanan baik dan kualitasnya juga memuaskan," kata Zainut dikutip dari Antara, Senin (4/7/2022).



Arab Saudi Bakal Jatuhkan Sanksi Denda Rp 39 Juta bagi Jemaah Haji Ilegal

Ia berharap kejadian itu menjadi pembelajaran masyarakat Indonesia yang hendak menunaikan ibadah haji. Ia meminta masyarakat lebih cermat memilih biro perjalana haji.

"Apakah sudah terdaftar atau tidak, yang terdaftar pun ada kualifikasi apakah boleh selenggarakan ibadah haji khusus atau tidak termasuk juga penyelenggaraan ibadah haji yang memakai visa mujamalah atau furoda," ujarnya.

Diketahui, perusahaan yang memberangkatkan 46 jemaah haji furoda itu merupakan PT Alfatih Indonesia Travel yang beralamat di Bandung, Jawa Barat. Rupanya, perusahaan itu tidak terdaftar di Kementerian Agama.

Lepas Rombongan Calon Haji, Gibran: Jaga Niat yang Ikhlas Semata karena Allah
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait