Jitunews.Com
4 Juli 2022 04:30 WIB

Apresiasi Kunjungan ke Ukraina-Rusia, PDIP: Menghentikan Perang Tidak Bisa Jokowi Sendiri

PDIP sebut kunjungan Jokowi ke Ukraina dan Rusia merupakan upaya menjalankan amanat UUD 1945 yakni terlibat dalam perdamaian dunia

Djarot ()

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat mengapresiasi pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin beberapa waktu lalu.

Djarot menegaskan bahwa perang Rusia dan Ukraina tidak serta merta berhenti usai Jokowi mengunjungi kedua negara tersebut. Menurutnya, negara-negara lain juga perlu mendesak Rusia agar menghentikan invasi ke Ukraina.

"Kita apresiasi betul, kita dukung, tentang apakah itu bisa langsung berdamai dan menghentikan perang itu kan tidak bisa Pak Jokowi sendiri," kata Djarot kepada wartawan di kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (3/7/2022).



Dubes Rusia Minta Moskow Tutup Kantor Kedubes di Bulgaria, Begini Reaksi Uni Eropa

Disisi lain, ia mengatakan bahwa pertemuan Jokowi dengan Zelensky dan Putin merupakan hal yang penting. Pasalnya, Jokowi membahas terkait pasokan pangan yang sebagian besar diimpot dari Ukraina dan Rusia seperti gandum hingga phospat.

"Bahan dasar pupuk itu dari mereka, ya phospat itu dari mereka. Jadi kita apresiasi luar biasa dan beliau menjadi pemimpin ASEAN pertama yang mengunjungi langsung di Ukraina dan Rusia," jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa kunjungan Jokowi ke Ukraina dan Rusia merupakan upaya menjalankan amanat UUD 1945 yakni terlibat dalam perdamaian dunia.

"Maka kita harus apresiasi kita harus dukung untuk membangun perdamaian antara Rusia dan Ukraina. Caranya dengan apa? dengan diplomasi, caranya Dengan apa? Dengan komunikasi, kan begitu kan," pungkasnya

Emas Rusia Bakal Kena Sanksi Uni Eropa
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait