Jitunews.Com
2 Juli 2022 09:16 WIB

Berapa Biaya Asuransi Mobil per Tahun? Mari Kita Cari Tahu

Dengan adanya asuransi kendaraan diharapkan dapat meminimalkan risiko kerugian yang dialami oleh nasabah

Ilustrasi (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Apakah Anda berencana untuk pengajuan asuransi mobil Anda? Jika ya, ada beberapa hal yang harus diketahui terlebih dahulu.

Selain memilih jenis asuransi mobil yang sesuai kebutuhan dan kemampuan, tentu saja duitpintar.com/biaya-asuransi-mobil-per-tahun juga menjadi hal lainnya yang harus diperhatikan.

Untuk mengetahui anggaran yang harus Anda siapkan untuk kendaraan pribadi kesayangan Anda dan Anda harus tahu bagaimana cara bayar pajak mobil online, sehingga Anda tidak perlu repot datang ke kantor pajak untuk membayar pajak kendaraan pribadi Anda.



Kritik Kebiasaan Pamer Raffi Ahmad, Ade Armando: Kalau Kaya, Berbagilah ke Orang Miskin

Mengenal Tentang Asuransi Mobil

Asuransi mobil merupakan jaminan perlindungan yang khususkan untuk mobil Anda, sehingga perjalanan Anda dapat dilakukan dengan aman. Dengan adanya asuransi kendaraan pribadi seperti mobil, diharapkan dapat meminimalkan risiko kerugian yang dialami oleh nasabah.

Selain itu, asuransi mobil sendiri memiliki banyak manfaat yang dapat menguntungkan untuk Anda. Asuransi mobil tidak hanya sebagai alat ganti rugi saja jika terjadi kecelakaan, tapi juga sebagai investasi perawatan.

Dengan memiliki asuransi kendaraan, maka semua risiko tersebut dapat diminimalkan karena ada berbagai perlindungan menarik yang ditawarkan oleh pihak asuransi. Dengan membeli asuransi mobil sekarang mudah ada dapatkan di zaman serbaonline ini.

Berapa Biaya Asuransi Mobil per Tahun?

Berbicara mengenai biaya asuransi mobil per tahun berbeda-bea tergantung dari jenis asuransi yang Anda diambil.

Jika Anda memiliki polis asuransi mobil All Risk, biaya asuransi mobil per tahun (premi) yang harus Anda bayarkan mulai dari 1 sampai 4 persen tergantung dari harga kendaraan dan domisili tempat tinggal Anda.

Lalu, untuk Anda yang memiliki polis asuransi mobil TLO, biaya asuransi mobil per tahun adalah kurang dari satu persen, di mana untuk angka tepatnya tergantung dari harga mobil dan domisili Anda. Untuk itu, pastikan Anda sudah menyiapkan anggaran yang sesuai dengan biaya
asuransi yang Anda ambil.

Mengenal Jenis-Jenis Asuransi Mobil

Pada umumnya, asuransi sendiri dapat diartikan sebagai ganti rugi finansial oleh pihak perusahaan asuransi kepada nasabah, di mana ada berbagai asuransi yang memiliki berbagai risiko yang tak terduga.

Untuk itu, ada beberapa jenis asuransi mobil mobil yang harus Anda ketahui adalah sebagai berikut:

1. All Risk

All Risk merupakan jenis asuransi yang akan membayar klaim untuk semua jenis kerusakan mobil dari yang ringan hingga kecelakaan fatal, di mana jenis asuransi mobil ini akan membayar semua jenis kerusakan kendaraan, mulai dari kerusakan ringan, berat, hingga kehilangan. Tidak heran jika asuransi ini untuk biayanya lebih mahal dibandingkan dengan TLO.

2. TLO

Total Loss Only atau TLO merupakan jenis asuransi mobil yang bisa Anda diajukan jika terjadi kehilangan total. Untuk asuransi ini dapat dikatakan jika asuransi tersebut dapat diajukan ketika pemilik kendaraan kehilangan mobil pribadinya, sehingga disebut dengan kerusakan total.

Kerusakan total di atas 75% atau kehilangan pencurian ataupun karena perampasan.

Jika mobil Anda mengalami kerusakan di bawah 75%, secara otomatis tidak mendapat ganti rugi atas kerusakan mobil tersebut. Meskipun harus kerusakan total, tapi premi asuransi TLO lebih rendah jika dibandingkan dengan asuransi mobil all risk tersebut.

3. Kombinasi

Kombinasi merupakan asuransi gabungan yang menggabungkan kedua jenis asuransi mobil dan menyediakan produk asuransi mobil kombinasi. Jenis asuransi ini menggabungkan antara asuransi all risk dan TLO.

Meskipun asuransi gabungan, tapi tidak sepenuhnya menggunakan hak-hak dari kedua asuransi tersebut. Untuk sistem asuransi kombinasi berlaku secara bergilir.

4. Perluasan (Rider)

Asuransi rider merupakan jenis asuransi tambahan yang biasanya ditambahkan di samping asuransi utama tersebut. Rider atau tambahan tersebut hanya bisa didapatkan jika Anda sudah membeli produk asuransi utama lebih dulu.

Selain itu, setiap perusahaan asuransi memiliki kebijakan berbeda-beda mengenai manfaat tambahan atau rider ini.

Cara Bayar Pajak Mobil Online

Untuk melakukan pembayaran pajak mobil secara online cukup mudah karena Anda tidak perlu lagi datang ke kantor samsat, Anda tinggal input nomor polisi beserta dengan KTP pemilik kendaraan.

Selanjutnya akan langsung keluar semua informasi yang Anda butuhkan, termasuk denda yang harus dibayarkan jika telat. Sebelum melakukan pembayaran pajak secara online, pastikan Anda memasukkan link E-Samsat sesuai dengan domisili Anda.

Jangan Sampai Mesin Overheating! Ketahui Cara Merawat Radiator Mobil Berikut Ini
Halaman:
  • Penulis: Aurora Denata

Rekomendasi

 

Berita Terkait