Jitunews.Com
1 Juli 2022 21:00 WIB

Turki Siap Ekspor Kembali Gandum dan Bahan Pangan dari Ukraina

Presiden Turki mengatakan bahwa pihaknya bisa mengekspor kembali produk pangan asal Ukraina ke pasar global

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (istimewa)

ISTANBUL, JITUNEWS.COM - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Jumat (1/7) mengatakan bahwa negaranya dapat mengekspor kembali produk biji-bijian seperti gandum, oat, dan barley dari Laut Hitam ke negara-negara yang membutuhkan setelah pembicaraan dengan Rusia dan Ukraina. Ia menambahkan bahwa dia akan membahas masalah tersebut dengan kedua negara dalam beberapa hari mendatang.

Ukraina adalah salah satu pemasok gandum global teratas, tetapi pengiriman telah dihentikan oleh invasi Rusia, menyebabkan kekurangan pangan global. PBB telah mengimbau kedua belah pihak, serta tetangga maritim Turki, untuk menyetujui sebuah koridor.

Berbicara setelah salat Jumat di Istanbul, Erdogan mengatakan kantornya bekerja dengan pemerintah Ukraina dan Rusia untuk mengatur pembicaraan telepon dengan Presiden Volodymyr Zelensky dan Presiden Vladimir Putin. Erdogan juga menambahkan bahwa 20 kapal Turki siap untuk mengambil bagian dalam pengiriman biji-bijian Ukraina ke pasar global.



Mantan Menlu AS Beberkan Tiga Skenario Akhir Konflik Ukraina-Rusia

Setelah pembicaraan dengan para pemimpin Ukraina dan Rusia, “kami dapat mengirim gandum, barley, oat, minyak bunga matahari dan semuanya ke negara-negara yang membutuhkan dengan melakukan re-ekspor melalui kami,” katanya dikutip Reuters, seraya menambahkan bahwa stok Turki “dalam kondisi baik" untuk saat ini.

Finlandia Hanya Akan Lakukan Ekstradisi Tahanan Sesuai Perjanjian Eropa
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait