Jitunews.Com
1 Juli 2022 20:47 WIB

Finlandia Hanya Akan Lakukan Ekstradisi Tahanan Sesuai Perjanjian Eropa

Menteri Luar Negeri Finlandia mengatakan bahwa ekstradisi tahanan bisa dilakukan terhadap seseorang yang merencanakan atau melakukan tindak terorisme di Finlandia

Bendera Finlandia (istimewa)

HELSINKI, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Finlandia Pekka Haavisto menegaskan bahwa pemerintah Finlandia tidak akan pernah mengekstradisi warganya jika mereka akan menghadapi ancaman penyiksaan atau hukuman mati sebagai akibatnya. Hal itu ia sampaikan dalam sebuah wawancara dengan media lokal Finlandia, Yle.

Haavisto menjelaskan bahwa Finlandia akan melakukan ekstradisi "sesuai dengan perjanjian Eropa". Menurutnya, ektradisi hanya akan dilakukan terhadap tersangka kasus terorisme atau merencanakan tindakan semacam itu di Finlandia.

Pernyataan itu ia lontarkan setelah Finlandia mencapai kesepakatan dengan Turki soal aksesi Swedia dan Finlandia ke dalam NATO.



CIA Rekrut dan Kirim Anggota Teroris ISIS ke Ukraina untuk Lawan Pasukan Rusia

Pemerintah Turki mengatakan bahwa mereka hanya akan mendukung dan menyetujui rencana kedua negara bergabung dengan NATO jika Stockholm dan Helsinki bersedia melakukan ekstradisi terhadap anggota Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang selama ini bersembunyi di kedua negara Eropa Utara itu.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Kamis (30/6) juga mengatakan bahwa pemerintah Swedia menjamin akan melakukan ekstradisi terhadap 73 anggota Partai Pekerja Kurdistan (PKK), yang selama ini dianggap sebagai kelompok teroris oleh pemerintah Turki.

"Swedia memberi kabar tentang ekstradisi teroris, ada sekitar 73 dari mereka. Kami diberi jaminan," kata Erdogan setelah KTT NATO di Madrid, dikutip Sputniknews.

Mantan Menlu AS Beberkan Tiga Skenario Akhir Konflik Ukraina-Rusia
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait