Jitunews.Com
29 Juni 2022 21:15 WIB

Iran dan AS Siap Lanjutkan Negosiasi Pemulihan Perjanjian Nuklir di Qatar

Tehran Times melaporkan bahwa salah satu negosiator pemerintah Iran dan AS saat ini sudah berada di Qatar untuk melakukan pembahasan soal isu perjanjian nuklir

Iran-AS (CGTN)

DOHA, JITUNEWS.COM - Pemerintah Iran dan AS dikabarkan siap untuk memulai pembicaraan tidak langsung soal pemulihan perjanjian nuklir Iran 2015 atau yang juga disebut dengan kesepakatan JCPOA di Qatar.

Media Iran, Tehran Times, memposting foto negosiator nuklir terkemuka Iran, Ali Bagheri Kani, di lobi hotel dengan Duta Besar Iran untuk Qatar Hamidreza Dehghani. Surat kabar itu mengatakan Bagheri Kani berada di Doha, ibu kota Qatar, untuk memulai kembali pembicaraan dengan negosiator AS.

Menurut laporan, Rob Malley, perwakilan khusus AS untuk Iran, tiba di Qatar pada Senin malam menjelang pembicaraan. Kedutaan Besar AS di Qatar mengatakan Malley bertemu dengan Menteri Luar Negeri Qatar Mohammed bin Abdulrahman Al Thani untuk membahas "upaya diplomatik bersama guna mengatasi masalah dengan Iran," tetapi menolak untuk segera memberikan rincian lain tentang perjalanannya.



Perlu Waktu Lebih dari 3 Tahun bagi Uni Eropa untuk Gantikan Pasokan Gas Rusia

Kementerian Luar Negeri Qatar kemudian mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa pihaknya siap menjadi tuan rumah pembicaraan tidak langsung antara Iran dan AS itu. Kemenlu Qatar mengatakan bahwa pembicaraan itu bertujuan untuk membangun kembali kesepakatan "dengan cara yang mendukung dan meningkatkan keamanan, stabilitas dan perdamaian di kawasan itu dan membuka cakrawala baru untuk kerjasama kawasan yang lebih luas dan dialog dengan Republik Islam Iran.”

Belgia Minta Ukraina Tak Hentikan Pertempuran Melawan Rusia
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait