Jitunews.Com
25 Juni 2022 19:54 WIB

Ukraina Dapatkan Status Negara Kandidat Anggota Uni Eropa, Begini Tanggapan Rusia

Juru bicara Kremlin mengatakan bahwa Uni Eropa berhak memberi status Ukraina sebagai negara kandidat anggota

Istana Kepresidenan Rusia, Kremlin, di Moskow (Republika)

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Juru bicara Kepresidenan Rusia Dmitry Peskov, pada Jumat (24/6) mengatakan bahwa Uni Eropa berhak memberikan status kandidat anggota bagi negara mana saja, termasuk Ukraina.

“Itu, tentu saja, urusan internal Eropa,” kata Peskov, dikutip RT.com, saat diminta untuk mengomentari keputusan Dewan Eropa memberikan status kandidat anggota bagi Ukraina dan Moldova.

Namun, dia menambahkan bahwa hal itu harus dilakukan dengan cara yang tidak akan menciptakan lebih banyak masalah bagi Rusia.



Pesawat AS Kembali Terbang di Atas Selat Taiwan, Begini Reaksi China

“Sangat penting bagi kami bahwa proses itu tidak akan menciptakan lebih banyak masalah bagi kami dan bagi hubungan kami dengan negara-negara itu,” tambahnya.

“Sudah cukup banyak masalah itu,” juru bicara itu mengakui, merujuk pada operasi militer Rusia yang sedang berlangsung di Ukraina dan keputusan pemerintah Moldova memutuskan hubungan diplomatik dengan Rusia sejak Maia Sandu terpilih menjadi presiden pada tahun lalu.

Memberikan status calon Uni Eropa kepada bekas Republik Soviet juga tidak akan menyebabkan semakin memburuknya hubungan antara Moskow dan Brussel, lanjut Peskov. Dia menyesalkan bahwa Moldova “untuk beberapa alasan mengaitkan status kandidatnya dengan mengambil sikap yang semakin anti-Rusia.”

Peskov juga menekankan bahwa mengamankan status kandidat bukanlah jaminan bagi sebuah negara untuk segera menjadi anggota Uni Eropa.

Menteri Ekonomi Jerman Prediksi Krisis Energi Bisa Berlangsung dalam Waktu Lama
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait