Jitunews.Com
23 Juni 2022 20:30 WIB

Gus Halim: Peran BUMN dan Swasta Penting untuk Pembangunan Desa yang Berkelanjutan

banyak program CSR yang masuk ke desa dan berhasil meningkatkan perekonomian

Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar (Istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM-  Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) terus mendorong peran BUMN dan swasta dalam pembangunan desa. Diantaranya dengan memberikan Penghargaan “CSR dan Pengembangan Desa Berkelanjutan Award” kepada perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan program CSR-nya untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

“Kegiatan hari ini, salah satunya untuk mengapresiasi dukungan berbagai pihak melalui CSR dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa,” ungkap Abdul Halim Iskandar, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dalam acara penghargaan program Corporate Social Responsibility (CSR) BUMN/Swasta dan Promosi Desa Wisata Nusantara yang dihadiri Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin di Jakarta, Kamis (23/06/2022).

Menurut Gus Halim sapaan akrab-Abdul Halim Iskandar, sudah banyak program CSR yang masuk ke desa dan berhasil meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat melalui program pemberdayaan yang dilakukan. Ia berharap penghargaan ini akan semakin menggalakan program CSR masuk Desa.



Gus Halim: Prinsip RPL Desa adalah Legalitas, Aksebtabilitas, Kesetaraan dan Transparansi

“Semoga semakin banyak perusahaan yang melaksanaan program CSR-nya untuk pengembangan BUM Desa dan kebangkitan ekonomi desa,” tegasnya.

Seperti diketahui, CSR dan Pengembangan Desa Berkelanjutan Award yang diikuti 63 perusahaan dari BUMN dan swasta serta 1 Yayasan dengan 96 Program baik Program Pengembangan BUM Desa /BUM Desa Bersama maupun Program CSR (Pelibatan dan Pengembangan Masyarakat Lainnya).

Penghargaan untuk program CSR ini meliputi 2 kategori, yaitu kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), dan pengembangan BUM Desa. Untuk kategori CSR, secara umum dinilai dari peran perusahaan terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar. Diantaranya dalam bentuk penyaluran air bersih, pembinaan kelompok tani, kelompok wanita terampil, ataupun penyaluran bantuan dlm bentuk lainnya selain uang.

Sedangkan kategori Pengembangan BUM Desa, secara umum lebih melihat peran CSR perusahaan dalam pengembangan BUM Desa dari sisi kelembagaan, pengembangan usaha hingga pengembangan jaringan pemasaran produk-produk BUM Deas serta peningkatan kapasitas pengurus BUM Desa.

Adapun jenjang peringkat penghargaan Gold, Silver dan Bronze menunjukan nilai perusahaan dalam pemanfaatan program CSR.

Hasil penilaian tim juri dari Kemendesa PDTT bekerja sama dengan Indonesian Sosial Sustainability Forum (ISSF), 20 perusahaan meraih kategori Gold, 42 perusahaan meraih kategori silver dan 12 perusahaan meraih kategori bronze. Penyerahan penghargaan diberikan secara langsung oleh Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin.

Antisipasi Macet, Gus Halim Persilahkan Keluarga Besar Kemendes PDTT Mudik Lebih Awal
Halaman:
  • Penulis: Khairul Anwar

Rekomendasi

 

Berita Terkait