Jitunews.Com
2 Juni 2022 10:53 WIB

Hari Raya Idul Adha 2022 Tanggal Berapa? Ini Jadwal Lengkapnya Versi Muhammadiyah dan Pemerintah

Berikut informasi Idul Adha 2022 antara Muhammadiyah dengan pemerintah

Ilustrasi. (istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Umat muslim banyak yang mencari informasi Idul Adha 2022 tanggal berapa di mesin pencarian Google. Pasalnya, hal itu berkaitan dengan Hari Libur Nasional.

Anda tidak perlu khawatir mencari informasi Idul Adha 2022 tanggal berapa.

jitunews.com telah mengulas informasi terkait Idul Adha 2022 tanggal berapa dalam artikel ini.



8 Kota Dunia Dengan Kopinya Yang Terenak

Lantas adakah perbedaan jadwal Idul Adha 2022 antara Muhammadiyah dengan pemerintah? Berikut penjelasannya.

Pimpinan Pusat (PP) Muhamadiyah telah mentapkan jadwal Idul Adha 2022 atau tanggal 10 Zulhijah 1443 Hijriah pada Sabtu, 9 Juli 2022.

Jadwal itu telah ditetapkan berdasarkan Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal dan Zulhijah 1443 Hijriah.

Rupanya tidak ada perbedaan jadwal Idul Adha 2022 antara Muhammadiyah dengan pemerintah.

Pemerintah melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri Nomor 375 Tahun 2022 menetapkan Idul Adha 2022 jatuh pada tanggal 9 Juli 2022. Tanggal itu bertepatan dengan Hari Libur Nasional.

Meski demikian, pemerintah melalui Kementerian Agama tetap menyelenggarakan sidang isbat sebagai penentu Hari Raya Idul Adha 2022.

Sebagaimana sidang isbat sebelum-sebelumnya, pemerintah akan melakukan rukyatul hilal (pengamatan) dan hisab (perhitungan).

Rukyatul hilal merupakan pengamatan hilal saat matahari terbenam menjelang awal bulan bersadarkan kalender hijriah. Pengamat akan melihat hilal melalui teleskop maupun dengan mata telanjang.

Sementara hisab untuk menentukan Idul Adha 2022 dilakukan dengan perhitungan tanggal berdasarkan ilmu astronomi. Perhitungan itu dilakukan untuk menentukan posisi bulan dalam kalender Hijriah.

Meski tidak ada kepastian antara hasil rukyatul hilal dan hisab, namun metode keduanya dilakukan untuk saling melengkapi.

Hasil rukyatul hilal dan hisab akan dibawa kesidang isbat yang dilenggarakan oleh Kementerian Agama RI. Hasil sidang isbat itu akan dibacakan oleh Menteri Agama.

Sidang isbat diselenggarakan secara luring dan daring sehingga masyarat Indonesia bisa mengetahui informasi Idul Adha 2022 tanggal berapa.

Demikianlah informasi terkait Idul Adha 2022 tanggal berapa. Semoga bermanfaat.

 

Cokelat Ternyata Cegah Obesitas
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait