Jitunews.Com
23 Mei 2022 12:50 WIB

RI Jadi Tuan Rumah GPDRR 2022, Menko PMK: Jadi Momentum Perkuat Mitigasi Risiko Bencana

Muhadjir mengatakan bahwa Forum GPDRR merupakan momentum untuk memperkuat pengurangan risiko dan penanggulangan bencana

Menko PMK Bicara Target Indonesia pada Forum GPDRR 2022 (Humas Kemenko PMK)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyambut baik Forum Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) tahun 2022 yang diselenggarakan di Nusa Dua Hall BNDCC, Bali pada tanggal 25-27 Mei 2022.

Muhadjir mengatakan bahwa Forum GPDRR merupakan momentum untuk memperkuat pengurangan risiko dan penanggulangan bencana.

"Dengan dipercayanya Indonesia sebagai tuan rumah forum internasional ini, menjadi momentum untuk memperkuat mitigasi, praktik baik pengurangan risiko bencana, termasuk penanggulangan bencana secara global dan nasional," ujar Muhadjir dalam keterangan resminya, Senin (23/5/2022).



Pemerintah Berencana Pasien Covid Ditanggung BPJS, Menko PMK: Masa Disubsidi Terus

Nantinya, forum ini akan membahas banyak hal terkait topik penting di antaranya adalah tata kelola risiko bencana, investasi risiko bencana, dan pemulihan pasca pandemi.

Menko Muhadjir juga menambahkan ada beberapa target yang akan dicapai selama pagelaran global ini mulai dari recovery pasca pandemi hingga meningkatkan kesadaran publik terkait pengurangan dan penanggulangan risiko bencana.

"Target pertama lebih ke pemulihan pasca Covid-19, target kedua meningkatkan kesadaran publik dalam penanggulangan bencana, target ketiga melibatkan elemen penting pentahelix dalam pengurangan risiko bencana, dan target keempat menunjukkan praktik baik yang sudah Indonesia lakukan," jelasnya.

Diketahui, Forum GPDRR tahun ini nantinya akan diikuti oleh 4.091 delegasi dari 193 negara dimana 3.001 delegasi akan hadir in-person dan 1.096 delegasi melalui platform online

Sebelum kegiatan Forum GPDRR tersebut dimulai nantinya akan ada kegiatan penanaman sepuluh juta pohon pada 34 provinsi di Indonesia. Kegiatan tersebut sebagai wujud aksi nyata Gerakan Nasional Revolusi Mental mendukung Forum GPDRR.

Achmad Yurianto Meninggal Dunia, Menko PMK: Tidak Ada Tanda-tanda Gelisah atau Sakit
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait