Jitunews.Com
12 Mei 2022 22:15 WIB

Rusia Sebut Bergabungnya Finlandia ke dalam NATO Bikin Eropa Tak Aman

Juru bicara Kremlin mengomentari soal rencana bergabungnya Finlandia ke dalam NATO

Bendera Finlandia (istimewa)

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Juru bicara Kepresidenan Rusia Dmitry Peskov, pada Kamis (12/5) mengatakan bahwa bergabungnya Finlandia ke dalam Organisasi Perjanjian Atlantik Utara (NATO) "pasti" akan menjadi ancaman bagi keamanan Rusia, dan Moskow akan menganalisis konsekuensi dari langkah semacam itu untuk keamanannya sendiri.

"Ekspansi terbaru NATO tidak akan membuat benua kita lebih stabil dan aman," kata Peskov, berbicara kepada wartawan dikutip Sputniknews.

“Jika Anda ingat, ada instruksi aktif dari presiden dan panglima [Rusia] untuk mengembangkan daftar langkah-langkah untuk memperkuat sayap barat kita sehubungan dengan penguatan sayap timur NATO. NATO bergerak ke arah kita. Oleh karena itu, tentu saja, semua ini akan menjadi elemen untuk analisis khusus dan pengembangan langkah-langkah yang diperlukan untuk menyeimbangkan situasi dan memastikan keamanan kami," jelasnya, ketika ditanya bagaimana secara spesifik Moskow akan menanggapi keanggotaan Finlandia di AS- aliansi yang dipimpin.



Rusia Adalah Ancaman Langsung bagi Tatanan Internasional

"Semuanya akan tergantung pada bagaimana proses ekspansi akan terwujud di masa depan, seberapa jauh infrastruktur militer (NATO) akan bergerak lebih dekat ke perbatasan kita," tegasnya.

Diminta untuk mengomentari apakah blok Barat mungkin mencoba menggunakan krisis Ukraina sebagai dalih untuk memasukkan lebih banyak negara yang berbatasan dengan Rusia, Peskov mengatakan bahwa "berbagai pilihan selalu dipertimbangkan dan dianalisis".

Sebelumnya pada hari itu, Presiden dan Perdana Menteri Finlandia mengeluarkan pernyataan bersama yang mengatakan bahwa Helsinki "harus segera mendaftar tanpa penundaan untuk bergabung dengan NATO", dimana status keanggotaan NATO tersebut tidak diragukan lagi akan "memperkuat" keamanan nasionalnya.

Intervensi Polandia di Konflik Ukraina Bakal Picu PD III
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait