Jitunews.Com
3 Mei 2022 13:31 WIB

3 Anak di DKI Meninggal Diduga Hepatitis Misterius, Benarkah Terkait Vaksinasi Covid-19?

Prof Zubairi mengatakan bahwa ada beberapa gejala terkait hepatitis misterius yang perlu diwaspadai

Ilustrasi (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kementerian kesehatan RI melaporkan kasus hepatitis misterius pada tiga anak yang dirawat di RSUPN Dr Ciptomangunkusumo, Jakarta hingga meninggal dunia. Hepatitis akut itu belum diketahui secara pasti penyebabanya.

Sementara itu, Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesi (IDI), Prf Zubairi Djoerban membantah kabar yang menyebut hepatitis misterius itu berkaitan dengan vaksin Covid-19.

"Hipotesisi ini tidak didukung data, karena sebagian besar anak-anak yang terkena hepatitis misterius ini justru belum menerima vaksinasi Covid-19," kata Prof Zubairi di akun Twitter pribadinya, Selasa (3/5/2022).



Indonesia Potensial Masuk Fase Hiperendemi Covid-19, Apa Artinya?

Prof Zubairi mengatakan bahwa ada beberapa gejala terkait hepatitis misterius yang perlu diwaspadai. Gejala itu umumnya meliputi masalah gastrointestinal hingga gejala penyakit kuning.

"Tes laboratoriumnya juga menunjukkan tanda-tanda peradangan hati parah. Sebagian besar anak tidak mengalami demam," lanjutnya.

Lantas seperti apa gejala hepatitis misterius yang perlu diwaspadai?

Dilansir detikhealth, Selasa (3/5/2022), ada beberapa gejala hepatitis misterius antara lain urine gelap, kotoran pucat, bagian putih mata menguning, kulit gatal, nyeri otot, demam, mual, muntah, sakit perut, kelesuan atau kehilangan nafsu makan.

Pakar Kesehatan Gedung Putih Bilang AS Keluar dari Fase Pandemi
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait