Jitunews.Com
17 April 2022 07:00 WIB

Klaim Tak Bebankan Rakyat soal BBM dan LPG, Menteri ESDM: Kita Lakukan Evaluasi

Arifin Tasrif mengatakan bahwa pihaknya terus melakukan evaluasi agar menghasilkan efisiensi yang dapat mengurangi beban subsidi energi

Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif (ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif menyatakan bahwa pihaknya tidak mungkin membebankan rakyat dengan menaikan harga BBM dan LPG. Ia memastikan pasokan aman meski harga komoditas energi keduanya tengah tinggi.

"Kita pasti akan melakukan evaluasi-evaluasi, dan tidak mungkin kita akan membebankan masyarakat dengan beban yang demikian berat secara drastis," kata Arifin Tasrif dikutip dari lamaran resmi Kementerian ESDM, Minggu (16/4/2022).

Arifin Tasrif mengatakan bahwa pihaknya terus melakukan evaluasi agar menghasilkan efisiensi yang dapat mengurangi beban subsidi energi. Evaluasi itu, kata dia, meliputi validasi data kependudukan di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).



Pertamina Pastikan Stok BBM dan LPG Aman di Idul Fitri

Begitu juga dengan pengawasan langsung di SPBU dengan memberi sanksi kepada pihak yang terbukti menyalahgunakana BBM subsidi.

"Dari kunjungan saya beberapa waktu yang lalu ke lapangan banyaknya penyimpangan. (Penyimpangan) ini kalau bisa kita tertibkan, banyak yang bisa kita hemat. Ini merupakan bagian dari evaluasi kita," ujarnya.

"Saya yakin kebocoran kita cukup banyak, untuk itu sudah ada perangkat, yaitu sanksi terhadap penyalahgunaan BBM subsidi, yaitu hukuman 6 tahun ditambah (denda) RP 60 miliar, ini akan kami sosialisasikan kembali," lanjutnya.

Dukung Investasi Smelter Nikel CNI Group, Pemerintah dan Perbankan Beri Fasilitas Pembiayaan Senilai Rp 3,98 triliun
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait