Jitunews.Com
11 April 2022 02:26 WIB

Dukung Demo Mahasiswa, Politikus PKB Ini Singgung Institusi Demokrasi Masih Dikontrol Oligarki

Demo & massa aksi adalah bagian dari demokrasi.

Luqman Hakim (twitter.com/LuqmanBeeNKRI)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Anggota DPR RI Lukman Hakim mendukung aksi demonstrasi mahasiswa yang rencananya digelar di Istana Merdeka pada Senin (11/4). Menurutnya, demonstrasi merupakan bagian demokrasi yang mestinya tak dilarang.

Politikus PKB itu mengatakan mahasiswa berhak menyampaikan aspirasi lewat demo di tengah keberadaan institusi demokrasi, seperti partai politik hingga kepemerintahan.

“Demo & massa aksi adalah bagian dari demokrasi,” tulisnya melalui akun Twitter @LuqmanBeeNKRI, dikutip Senin (11/4).



Ruhut Sitompul Siap Mukanya Dilumuri Kotoran bila Aksi 11 April Tak Gagal

“Adanya institusi-istitusi demokrasi (parpol, parlemen, presiden, pemilu, dll) tidak menghilangkan hak mahasiswa dan rakyat bersuara di ruang publik,” sambung Ketua Bidang Politik & Pemerintahan PP GP Ansor itu.

Anak buah Muhaimin Iskandar itu lantas menyindir institusi demokrasi yang saat ini dikuasai oleh oligarki. Meski begitu, ia tak menyebut secara gamblang lembaga yang dimaksud.

“Apalagi jika institusi-institusi demokrasi itu masih dikontrol oligarki. #HidupMahasiswa #HidupRakyat,” tuntas Luqman.

Pernyataan itu sekaligus menanggapi sentilan akademisi Henry Subiakto terhadap politikus yang mendukung demo mahasiswa. Henry, sebelumnya, menilai tokoh di balik aksi tersebut tak dewasa dalam bernegara dan terkesan oportunis.

“Elite-elite politik yang mendukung & dorong demo, pada dasarnya adalah tokoh-tokoh yang tidak menghormati kelembagaan politik yang demokratis,” ujarnya lewat akun Twitter @henrysubiakto.

Sentil Elite Politik Pendukung Demo, Henry Subiakto: Mereka Tak Dewasa dalam Berdemokrasi
Halaman:
  • Penulis: Iskandar

Rekomendasi

 

Berita Terkait