Jitunews.Com
9 Maret 2022 19:45 WIB

Soal Minyak Goreng, Syarief Hasan: Menyalahkan Panic Buying Adalah Bentuk Kegagalan Pemerintah

Syarief Hasan meminta pemerintah untuk menindak pihak yang menyebabkan terjadinya krisis minyak goreng.

Syarief Hasan (Istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Ketua MPR dari Fraksi Partai Demokrat, Syarief Hasan, meminta pemerintah untuk menindak pihak yang menyebabkan terjadinya krisis minyak goreng.

"Pemerintah mesti tegas menindak berbagai pihak tidak bertanggung jawab yang menyebabkan terjadinya krisis ini. Negara tidak boleh kalah dan mengorbankan rakyatnya. Kecuali akar persoalannya memang di pemerintah sendiri," kata Syarief Hasan dalam keterangannya, Rabu (9/3).

Syarief meminta pemerintah tidak menuding rakyat dalam krisis minyak goreng ini. Menurutnya, menyalahkan aksi panic buying adalah bentuk kegagalan pemerintah menjamin ketersediaan bahan pokok.



Minyak Goreng Jadi Rebutan Warga, DPD Minta Pemda Penghasil Sawit Bangun Pabrik CPO dan Migor

"Saya minta segenap aparatur pemerintah tidak menuding rakyat sebagai pihak bersalah atas krisis minyak goreng yang sudah terjadi selama berbulan-bulan. Bagaimana mungkin pemerintah menuding dan menyalahkan warganya atas aksi panic buying membeli dan menyimpan minyak goreng. Selain tudingan ini tidak dapat dibuktikan, menyalahkan aksi panic buying adalah bentuk kegagalan pemerintah menjamin ketersediaan bahan pokok," katanya.

Syarief berharap Presiden Joko Widodo mengingatkan jajarannya untuk segera menyelesaikan masalah ini.

"Saya harap Presiden Jokowi mengingatkan pembantu-pembantunya agar segera menyelesaikan perkara minyak goreng ini. Berkali-kali saya ingatkan pemerintah agar serius dan fokus menyelesaikan perkara mendasar dan kebutuhan pokok rakyat," ungkap Syarief.

"Janganlah kita berbicara hal-hal besar jika perkara mendasar rakyat saja tidak dapat diselesaikan. Padahal rakyat tidak minta yang muluk-muluk: cukupkan kebutuhan mendasar, apalagi rakyat sudah terlampau menderita di tengah pandemi," sambungnya.

PSI Gelar Bazar Murah Ratusan Liter Minyak Goreng, Gerindra Sindir Begini
Halaman:
  • Penulis: Aurora Denata

Rekomendasi

 

Berita Terkait