Jitunews.Com
1 Maret 2022 09:11 WIB

Dengar Keluhan Warga Aek Korsik, Camel Lubis Minta Program Plasma Dijalankan

Camel pun menekankan Program Plasma yang sudah diatur oleh Peraturan Presiden terkait reforma agraria harus dijalankan

Kunjungan pengurus HKTI di Desa Aek Korsik (Dok. HKTI)

MEDAN, JITUNEWS.COM - Pengurus Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) menyambangi Desa Aek Korsik, Kecamatan Aek Kuo, Kabupaten Labuhan Batu Utara, Sumatera Utara. Kunjungan pengurus HKTI, pada hari Senin (28/2) di Aek Korsik itu guna bersilaturami sekaligus mendapat informasi dari masyarakat yang katanya dirugikan akibat aktivitas sejumlah perusahaan sawit.

Hadir dalam audiensi itu beberapa petinggi HKTI seperti Wakil Bendahara Umum HKTI Camelia Panduwinata Lubis, Wasekjen HKTI Bidang OKK Afidudin, Camat Aekuwo Subur Halomoan, dan Anggota DPRD Labuhan Batu Utara Muhti Ahmad Dalimunte.

Camel Lubis, yang juga politisi Golkar itu mengungkapkan, pada pertemuan itu, HKTI mendengar langsung persoalan yang dihadapi warga desa yang tinggal di tengah perkebunan kelapa sawit. Dalam pertemuan itu banyak warga Desa Aek Korsik yang mengeluhkan kurangnya perhatian dari perusahaan sawit terhadap masyarakat sekitar.



Fadli Zon Dukung Wanita Tani Indonesia HKTI Sukseskan Kedaulatan Pangan

Padahal, imbuh Camel, sesuai dengan Reforma Agraria serta Peraturan Presiden No 86 Tahun 2018 Tentang Reforma Agraria, mengamanahkan adanya distribusi lahan melalui Program Plasma kepada warga sekitar perkebunan.

Camel pun menekankan Program Plasma yang sudah diatur oleh Peraturan Presiden terkait reforma agraria harus dijalankan agar manfaatnya dapat dirasakan warga sekitar. "Maka dari itu seharusnya perusahaan perkebunan mengalokasikan 20% lahan HGU-nya untuk kepentingan masyarakat," kata Camel kepada media, Selasa (28/2).

Akhirnya Camel pun berharap persoalan ini cepat selesai sehingga tidak ada pihak-pihak yang dirugikan dengan adanya aktivitas perkebunan. Bila perlu, tegas Camel, segera lah duduk bersama antara warga, perusahaan, dan pihak-pihak terkait untuk menghilangkan sumbatan-sumbatan komunikasi yang selama ini ada.

Tingkatkan Kekuatan Pangan Nasional, Ini yang Dilakukan HKTI!
Halaman:
  • Penulis: Vicky Anggriawan

Rekomendasi

 

Berita Terkait