Jitunews.Com
29 Januari 2022 16:00 WIB

Dampak Buruk Sanksi Ekonomi terhadap Rusia Juga Bakal Dirasakan oleh Eropa

Sejumlah pakar memperkirakan jika sanksi ekonomi terhadap Rusia akan berdampak buruk terhadap perekonomian Eropa

Gedung Kremlin di Moskow, Rusia (istimewa)

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Sejumlah politisi dan pakar memperkirakan bahwa sanksi ekonomi terhadap Rusia juga akan berdampak terhadap sektor ekonomi dan keuangan Eropa.

Belakangan ini, Amerika Serikat dan Uni Eropa telah berulang kali mengancam Rusia dengan sanksi ekonomi jika bertindak agresif terhadap Ukraina. Rusia, di sisi lain, berulang kali membuat jaminan bahwa mereka tidak berencana untuk melakukan invasi terhadap negara tetangganya tersebut.

"Eropa harus bangun dan berhenti membabi buta mengikuti Amerika dalam krisis Ukraina-NATO. Mengatakan bahwa Eropa 'kagum' pada 'dramatisasi' Amerika tidaklah cukup. Kita harus menghentikan eskalasi ini," kata Filip Dewinter, anggota parlemen federal Belgia, dikutip Sputniknews.



Honduras dan Venezuela Sepakat Jalin Kembali Hubungan Diplomatik

Dewinter, yang ikut mendirikan partai sayap kanan Vlaams Belang (Flemish Interest), mengatakan bahwa kebijakan balasan Rusia pada tahun 2014 terhadap ekspor buah dan susu telah menghantam sektor pertanian di wilayah Belgia utara dengan "sangat buruk".

Dia mengatakan gelombang sanksi berat lainnya akan menjadi "bencana nyata" bagi Antwerpen, pelabuhan terbesar kedua di Eropa, di mana kargo Rusia merupakan bagian lalu lintas terbesar ketiga.

Senada dengan pernyataan tersebut, Nina Bachkatov, profesor ilmu politik di Universitas Liege di Belgia, juga mengatakan bahwa sejumlah ekonom Eropa khawatir jika sanksi terhadap Rusia dapat berdampak buruk pada sektor keuangan dan investasi Eropa.

"Seiring berjalannya waktu, ada perbedaan yang jelas muncul antara pembicaraan mengancam yang meningkat dan persepsi tentang seberapa buruk sanksi semacam itu bagi ekonomi Eropa ... Rusia akan dirugikan tetapi sanksi ekonomi akan menjadi hukuman bagi Eropa, setidaknya sebanyak itu. untuk Rusia," katanya.

Rusia Sudah Kirim 12 Rudal Anti-Pesawat dan Sistem Artileri ke Belarusia
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait