Jitunews.Com
27 Januari 2022 15:15 WIB

Olimpiade Beijing Bisa Pengaruhi Rencana Invasi Rusia ke Ukraina

Wamenlu AS menyebut invasi Rusia ke Ukraina kemungkinan tidak akan dilakukan bertepatan dengan Olimpiade Musim Dingin Beijing

Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 (istimewa)

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Wakil Menteri Luar Negeri AS Wendy Sherman pada Rabu (26/1) mengatakan bahwa Olimpiade Musim Dingin Beijing dapat mempengaruhi waktu invasi Rusia ke Ukraina. Ia menambahkan bahwa Presiden China Xi Jinping tidak akan senang jika invasi ke Ukraina bertepatan dengan digelarnya ajang olahraga internasional tersebut.

Sherman, yang memimpin delegasi AS dalam pembicaraan dengan pejabat Rusia di Eropa awal bulan ini, mengatakan dia tidak tahu apakah Presiden Rusia Vladimir Putin telah membuat keputusan untuk melancarkan invasi, tetapi AS dan negara barat khawatir jika invasi ke Ukraina dapat terjadi dalam waktu dekat.

"Kita semua sadar bahwa Olimpiade Beijing akan dimulai pada 4 Februari, upacara pembukaan, dan Presiden Putin berharap untuk hadir di sana. Saya pikir mungkin Presiden Xi Jinping tidak akan senang jika Putin memilih momen itu untuk menyerang Ukraina," kata Sherman dalam sebuah pertemuan virtual, dikutip Reuters.



Ingin Kalahkan Tesla, General Motors Bakal Tingkatkan Investasi hingga USD 6,6 Miliar

"Jadi itu dapat mempengaruhi waktu dan pemikirannya," tambahnya.

Kedutaan Besar AS di Ukraina mendesak warga Amerika di Ukraina untuk mempertimbangkan meninggalkan negara itu sekarang, dengan mengatakan bahwa situasi keamanan di negara itu "tidak dapat diprediksi karena meningkatnya ancaman aksi militer Rusia".

Presiden Erdogan Minta Rusia Tak Invasi Ukraina
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait