Jitunews.Com
26 Januari 2022 07:00 WIB

Apresiasi Ekstradisi RI-Singapura, KPK: Tonggak Maju Pemberantasan Korupsi

KPK sebut perjanjian ekstradisi RI dan Singapura juga memberikan dampak positif untuk melacak aset koruptor yang ada di luar negeri.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron (dok jitunews)

JAKARTA, JITUNEWS.COM -  Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mengapresiasi Pemerintah Indonesia yang telah meneken perjanjian ekstradisi dengan Singapura. Ia menyebut perjanjian itu sebagai upaya percepatan pemberantasan korupsi di Indonesia.

"Komisi Pemberantasan Korupsi menyambut baik dan mendukung penuh penandatanganan perjanjian ekstradisi antara Indonesia-Singapura. Perjanjian tersebut akan menjadi akselerasi progresif dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia," kata Nurul Ghufron kepada wartawan, Selasa (25/1/2022).

"Melalui regulasi ini artinya seluruh instrumen yang dimiliki kedua negara akan memberikan dukungan penuh terhadap upaya ekstradisi dalam kerangka penegakan hukum kedua negara, termasuk dalam konteks pemberantasan tindak pidana korupsi," sambungnya.



KPK Lakukan 4 OTT, ICW Ingatkan Kasus Korupsi Bansos

Ghufron mengatakan bahwa perjanjian ekstradisi RI dan Singapura juga memberikan dampak positif untuk melacak aset koruptor yang ada di luar negeri.

"Perjanjian ekstradisi tentunya tidak hanya mempermudah proses penangkapan dan pemulangan tersangka korupsi yang melarikan diri atau berdomisili di negara lain, namun nantinya juga akan berimbas positif terhadap upaya optimalisasi asset recovery," ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa pelacakan aset koruptor di luar negeri dapat menambah pendapat negara melalui penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

"Karena tidak dimungkiri bahwa aset pelaku korupsi tidak hanya berada di dalam negeri, tapi juga tersebar di berbagai negara lainnya. Maka dengan optimalisasi perampasan aset tersebut, kita memberikan sumbangsih terhadap penerimaan negara bukan pajak," ucap dia.

"Sehingga perjanjian ekstradisi ini menjadi sebuah tonggak langkah maju pemberantasan korupsi, tidak hanya bagi Indonesia namun juga bagi pemberantasan korupsi pada skala global," pungkasnya.

Minta Ekstradisi RI-Singapura Tak Hanya di Atas Kertas, MAKI: Tahun Ini Harus Ada Buron yang Dipulangkan
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait