Jitunews.Com
24 Januari 2022 06:00 WIB

Faisal Basri Kritik Lubang Tambang Milik Luhut di Ibu Kota Baru, Jubir: Justru Dapat Peringkat Hijau

Jodi mengatakan bahwa perusahaan tambang milik Luhut telah memiliki pengelolaan lingkungan yang baik

Jodi Mahardi (maritim.go.id)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Juru bicara Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Jodi Mahardi meminta ekonom senior Faisal Bari memperjelas kritikannya yang menyebut ada lubang-lubang bekas tambang milik Luhut di Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur.

"Pak Faisal Basri perlu memperjelas di daerah mana yang beliau maksud ada lubang-lubang bekas tambang perusahaan pak Luhut," kata Jodi kepada wartawan, Minggu (23/1/2022).

"Kalau tambang dimaksud adalah tambang masih aktif ya pasti masih dalam bentuk lubang yang namanya pit. Kalau tambang sudah tutup harus sesuai dengan rencana reklamasi dan penutupan tambang, yang ada di amdal. Selain itu, ada jaminan reklamasi dan jaminan tutup tambang yang dibayarkan perusahaan ke pemerintah untuk memastikan perusahaan melakukan kewajibannya pada saat tambang sudah selesai," jelasnya.



Polisikan Edy Mulyadi Buntut 'Kaltim Tempat Jin Buang Anak' Pelapor: Resahkan Masyarakat

Jodi mengatakan bahwa perusahaan tambang milik Luhut telah memiliki pengelolaan lingkungan yang baik. Apalagi, kata dia, perusahaan Luhut telah memperoleh penghargaan hijau pada tahun 2020-2021.

"Pak Luhut menekankan mengenai pengelolaan lingkungan sebagai prioritas utama. Pada tahun 2020-2021, Kutai Energi, perusahaan tambang yang dimiliki mayoritas oleh pak Luhut, memperoleh penghargaan peringkat Hijau dalam bidang pengelolaan lingkungan hidup dari Gubernur Kaltim. Hal yang tidak akan diperoleh kalau pengelolaan lingkungannya tidak baik," tuturnya.

Ia kembali meminta Faisal Basri memperjelas peryataannya. Ia tidak ingn menjadi fitnah karena sesuatu yang belum jelas.

"Oleh karena itu, Pak Faisal perlu memperjelas mana lubang bekas tambang yang dimaksud, agar tidak menjadi fitnah," pungkasnya.

Prabowo Dihina 'Macan Mengeong', PKS: Tidak Ada Kaitannya dengan Kami!
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait