Jitunews.Com
19 Januari 2022 19:30 WIB

AS Sebut Belarus Ambil Peran dalam Rencana Invasi Rusia ke Ukraina

Juru bicara Kementerian Luar Negeri AS mengatakan bahwa Belarus dapat memainkan peran dalam rencana invasi Rusia ke Ukraina

Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) dan Presiden Belarus Alexander Lukashenko (Al Jazeera)

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Juru bicara Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat, Ned Price, mengatakan bahwa Belarus dapat memainkan peran dalam rencana Rusia untuk menyerang Ukraina di tengah meningkatnya ketegangan antara Moskow dan Kiev.

"Informasi yang kami lihat menunjukkan Belarus dapat memainkan peran dalam rencana Rusia untuk memasuki (menginvasi) Ukraina secara bertahap," kata pejabat tersebut dalam konferensi pers pada Selasa (18/1) di Gedung Putih, Washington D.C.

Dia juga menuduh bahwa usulan perubahan konstitusi Belarusia mengindikasikan Minsk memungkinkan senjata konvensional dan nuklir Rusia ditempatkan di wilayahnya, meskipun dia tidak mengungkapkan pasal mana dari rencana perubahan konstitusi Belarus tersebut yang mengindikasikan bahwa senjata Rusia dapat ditempatkan di negara itu.



Rusia Bakal Posisikan Rudal Nuklir di Amerika Latin, Begini Reaksi Washington

Ia menambahkan bahwa AS akan memantau situasi dengan amandemen konstitusi di Belarus sehubungan dengan mengubah pendekatan fundamentalnya untuk menempatkan senjata negara asing di wilayahnya.

Sebelumnya diberitakan bahwa Presiden Belarus Alexander Lukashenko mengumumkan bahwa pasukan militer Rusia akan menggelar latihan militer gabungan dengan tentara Belarus pada bulan Februari.

Langkah Rusia yang datang tanpa pemberitahuan tersebut diyakini bakal mengarah pada pengerahan senjata nuklir ke Belarus.

Uni Emirat Arab Dibom oleh Kelompok Houthi, Pasukan Arab Saudi Lancarkan Serangan Balasan
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait