Jitunews.Com
23 Desember 2021 08:52 WIB

Cara Menghilangkan Karat Knalpot Terbukti Ampuh!

Bingung bagaimana caranya menghilangkan karat knalpot yang membandel?

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Mempunyai kendaraan bermotor yang bersih dan mengkilap tentu menjadi dambaan bagi setiap orang. Cara menghilangkan karat knalpot pun menjadi pencarian teratas yang paling banyak ingin diketahui oleh pengguna.

Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk untuk meningkatkan kepercayaan diri para pengendaranya. Berikut cara atasi karat yang bisa dilakukan dikutip laman https://blog.oscas.co.id/ yaitu:

1. Menggunakan Soda Kue

Bingung bagaimana caranya menghilangkan karat knalpot yang membandel? Pengguna bisa menggunakan soda kue untuk mengatasinya. Metode tersebut juga tidak sulit untuk dilakukan, hanya dengan mencampurkan soda kue dengan perasaan air jeruk. Berikutnya pengguna bisa mengoleskannya pada bagian yang berkarat.



Ini Fungsi Lengkap Keran Bensin Motor yang Belum Kamu Ketahui

Lumuri setiap bagian dari knalpot yang terdapat karat dan diamkan dalam beberapa menit. Jika dirasa sudah cukup lama, ambil kain dan gosokan pada bagian tersebut. Pengguna akan mendapati bagian yang berkarat menjadi bersih dan terlihat lebih mengkilap bukan? Lakukanlah cara ini jika karat kembali menghiasi knalpot.

2. Mencampurkan Bensin dan Minyak Tanah

Langkah selanjutnya yang bisa pengguna lakukan untuk mendapatkan knalpot yang bebas dari karat yaitu dengan mencampurkan bensin dan minyak tanah. Kedua bahan tersebut merupakan kombinasi yang bekerja dengan baik untuk mengendalikan karat. Salah satunya yaitu karat yang terjadi pada knalpot.

Pengguna bisa mencampurkan kedua bahan dengan perbandingan 1 dibanding 2, yaitu minyak tanah lebih banyak dibanding bensin. Hal tersebut dilakukan supaya hasilnya bekerja dengan maksimal. Jika sudah olehkan dan sikat secara perlahan pada bagian knalpot yang berkarat tersebut.

3. Memanfaatkan Oli Bekas

Selanjutnya cara menghilangkan karat knalpot bisa dilakukan dengan memanfaatkan oli bekas yang terdapat di rumah. Sudah banyak yang membuktikan bahwa penggunaan oli bisa melunturkan karat membandel. Ingin tahu bagaimana cara penerapannya? Berikut penjelasannya:

  • Langkah pertama yang bisa pengguna lakukan yaitu dengan memanaskan knalpot terlebih dahulu dengan menghidupkan mesin.
  • Jika sudah terasa pana, maka pengguna bisa mematikannya dan mengoleskan oli di permukaan knalpot yang karatan. Oleskan oli menggunakan kuas.
  • Masih dalam kondisi knalpot yang panas, pengguna bisa melihat bahwa oli bekerja dengan merontokan karat yang menempel tersebut.
  • Setelah semua karat rontok, pengguna bisa mulai membersihkannya dengan lap.

Cukup mudah dan simpel bukan cara tersebut? Semua orang bisa menerapkannya tanpa harus membawanya ke bengkel motor. Namun ada hal yang perlu diperhatikan yaitu, selalu gunakan sarung tangan, sebab pembersihan saat kondisi knalpot panas. Mencegah terjadinya kecelakaan atau cedera yang ditimbulkan dengan metode tersebut.

4. Memakai Pasta Gigi

Pasta gigi yang umumnya dimiliki oleh setiap orang ternyata dapat bekerja sebagai penghilang karat. Pasti hal tersebut tidak pernah terpikirkan sebelumnya oleh para pengguna bukan?

Terlebih lagi karat yang menempel pada knalpot yang telah dilapisi dengan berbagai bahan. Salah satunya lapisan besi dan stainless Steel Yang memungkinkan korosi terjadi. Kini permasalahan tersebut dapat dengan mudah diatasi dengan mengoleskan pasta gigi pada bagian yang berkarat.

Pengguna bisa memilih merek pasta gigi apapun, jika sudah diolesi, lalu diamkan sebentar. Setelahnya gosok perlahan menggunakan kain, dan bersihkan. Namun hal ini hanya berlaku pada knalpot berbahan stainless steel.

Ternyata tidak hanya ampuh untuk membersihkan karat pada knalpot saja, tetapi juga rantai. Cara yang digunakan pun serupa yaitu dengan mengolesi bagian rantai yang terkena karat, lalu melapnya. Kini semua bagian motor yang berkarat dapat dengan mudah pengguna atasi.

5. Menggunakan Cairan Keramik

Terakhir cara ampuh untuk hilangkan karat bisa dilakukan dengan memakai cairan pembersih keramik. Cairan tersebut disebut-sebut ampuh untuk merontokan segala karat yang menempel, bahkan pada knalpot motor. Penasaran bagaimana caranya? Berikut penjelasannya:

  • Tahap pertama oleskan cairan pembersih pada bagian knalpot yang berkarat.
  • Selanjutnya diamkan dalam beberapa menit dan tunggu.
  • Jika sudah, maka lap menggunakan kain untuk membersihkannya.

Cukup mudah untuk dipraktekan bukan? Pengguna hanya memerlukan satu bahan saja dalam membersihkannya. Cara tersebut juga bisa dilakukan secara berulang-ulang hingga karat yang terdapat pada motor benar-benar bersih. Terbukti menghilangkan karat dan membuat knalpot tampak lebih bersih mengkilap.

Nah, itulah cara menghilangkan karat knalpot yang bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Kini tidak perlu lagi bingung untuk membersihkan knalpot sendiri, karena sudah terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan. Sekarang sudah tidak ada lagi alasan knalpot berkarat dan juga kusam.

Jangan Tergiur Harga! Cek Dulu Mobil Second yang Ingin Dibeli
Halaman:
  • Penulis: Vicky Anggriawan

Rekomendasi

 

Berita Terkait