Jitunews.Com
20 Desember 2021 12:07 WIB

Pasca Gempa, Kominfo Pastikan Jaringan Telekomunikasi di NTT Masih Aman

Kondisi Terkini Jaringan Telekomunikasi di NTT pasca Gempa Bumi 7,4 magnitudo

Ilustrasi Pemancar Jaringan Telekomunikasi (istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menegaskan bahwa jaringan telekomunikasi di Nusa Tenggara Timur masih aman meski sempat diguncang gempa 7,4 magnitudo. Hal itu disampaikan oleh Dedy Permadi selaku juru bicara Kemkominfo dalam siaran persnya.

"Menteri Komunikasi dan Informatika telah memerintahkan jajaran Kementerian Kominfo terkait untuk segera melakukan pengawasan kualitas jaringan telekomunikasi di area Nusa Tenggara Timur dan menindaklajuti kendala penyediaan layanan jaringan telekomunikasi pasca gempa bumi pada hari ini, 14 Desember 2021," kata Permadi dikutip dari situs resmi Kominfo.go.id.

Ia menambahkan bahwa sesuai laporan yang diterima oleh Kementerian Kominfo dari operator seluler pada pukul 13.00 WIB hari Selasa (14/12) lalu, tidak ada infrastruktur telekomunikasi yang terdampak akibat gempa yang terjadi. Adapun operator yang menyediakan layanan jaringan telekomunikasi di daerah terdampak gempa antara lain meliputi Telkomsel, Indosat, XL Axiata dan Telkom.



Kembangkan Wisata NTT, Menteri Johnny Pastikan Pemerintah Bangun Infrastruktur Digital dan Smart City

"Keseluruhan jaringan para operator seluler masih menunjukkan status aman dan tidak ada site Base Transceiver Station (BTS) yang down/off," terangnya.

Lebih lanjut, Permadi mengatakan jika Kementerian Kominfo akan terus melakukan pengawasan terhadap ketersediaan jaringan telekomunikasi di area yang terdampak gempa untuk kemudian melakukan langkah pemulihan terhadap infrastruktur telekomunikasi yang mengalami kendala apabila diperlukan.

Majukan Pariwisata NTT, Menteri Johnny Ajak Pemda Tingkatkan SDM Digital
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait