Jitunews.Com
17 Desember 2021 09:56 WIB

Majukan Pariwisata NTT, Menteri Johnny Ajak Pemda Tingkatkan SDM Digital

Kemajuan pariwisata di era disrupsi tidak mungkin dilepaskan dengan digitalisasi.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate (ist)

NTT, JITUNEWS.COM - Nusa Tenggara Timur memiliki potensi pariwisata dengan nilai ekonomi tinggi. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan peningkatan kualitas pariwisata tidak terlepas dari ketersediaan sumber daya manusia masyarakat lokal yang memadai di bidang digital.

“Marilah kita menyiapkan bersama-sama seluruh infrastruktur digital dan ketersediaan sumberdaya manusia digital di Nusa Tenggara Timur agar semangat dan tujuan (pembangunan) pariwisata mempunyai titik temu dengan kebijakan nasional,” ujarnya dalam Webinar HUT ke-63 Provinsi Nusa Tenggara Timur: Mengembangkan Pariwisata Modern di NTT, yang berlangsung secara virtual dari Jakarta, Kamis (16/12/2021).

Menteri Johnny menyatakan kemajuan pariwisata di era disrupsi tidak mungkin dilepaskan dengan digitalisasi. Menurutnya, setelah penyiapan infrastruktur digital maka harus bisa dimanfaatkan masyarakat.



Wujudkan Layanan Publik Andal, Pemerintah Konsolidasikan Aplikasi dan Integrasi Data

“Setidaknya oleh UMKM, ultra mikro, artisan agar produk-produk yang dihasilkan secara lokal yang memberikan nilai tambah bagi industri pariwisata di Nusa Tenggara Timur. Hasil produk dan karya masyarakat Nusa Tenggara Timur bisa masuk ke marketplace,” tuturnya.

Guna mendukung pengembangan digitalisasi dan nilai tambah pemasaran produk melalui marketplace, Menkominfo menegaskan kebutuhan talenta digital.

“Kita butuh ketersediaan talenta digital yang memadai dan tidak mungkin hasil produk karya masyarakat NTT bisa masuk dalam e-commerce atau marketplace kalau tidak tersedianya talenta digital atau SDM digital yang memadai," tegasnya.

Kembangkan Wisata NTT, Menteri Johnny Pastikan Pemerintah Bangun Infrastruktur Digital dan Smart City
Halaman:
  • Penulis: Vicky Anggriawan

Rekomendasi

 

Berita Terkait