Jitunews.Com
8 Desember 2021 17:15 WIB

Viral Finalis Puteri Indonesia Diduga Rasis, Dede Yusuf: Harus Bisa Menjaga Etika

Finalis Puteri Indonesia 2015, Olvah Alhamid, menjadi sorotan publik setelah video yang dianggap mengutarakan rasisme menjadi viral

Ketua Komisi IX DPR Dede Yusuf. (dok. Dpr.go.id)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Finalis Puteri Indonesia 2015, Olvah Alhamid, menjadi sorotan publik setelah video yang dianggap mengutarakan rasisme menjadi viral. Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dede Yusuf Macan, mengaku suka dengan Olvah karena memiliki karakter yang bagus.

"Saya termasuk yang suka dengan Olvah ini karena dia sebagai putri Papua punya karakter yang bagus. Sering dia bicara soal pengalamannya di-bully, bahkan dihina, seperti yang diceritakannya," kata Dede Yusuf kepada wartawan, Rabu (8/12).

Menurutnya, ketika sudah menjadi public figure maka harusnya menjaga etika.



Klaim Punya Bukti Rasisme Papua, Pigai: Saya Akan Laporkan Sri Sultan, Risma, Luhut, dan...

"Tapi ketika dia sudah menjadi public figure dan membawa nama bangsa, sebetulnya harus bisa menjaga etika dan comment-nya sendiri. Apalagi penggemar dan pendukung banyak dari berbagai etnis di Indonesia," ujar Dede Yusuf.

Olvah juga sudah menyampaikan permohonan maaf atas ucapannya. Dede meminta Olvah untuk memperbaiki diri dan tidak mengulanginya lagi.

"Karena sudah meminta maaf terbuka. Biarlah kini dia memperbaiki diri segera. Dan tidak mengulanginya lagi," imbuhnya.

Sebelumnya, Olvah sudah menyampaikan klarifikasi terkait videonya yang viral di media sosial.

"Di sini saya hanya ingin mengklarifikasi, mungkin teman-teman sudah melihat video viral, yang tentang saya di Bandara Soekarno-Hatta. Dan saya ingin meminta maaf sebesar-besarnya, sedalam-dalamnya terhadap apa yang saya bilang dalam video itu. Yang seharusnya saya tidak saya lakukan. Apa pun penjelasan saya di sini tidak membenarkan sikap saya saat itu," kata Olvah dalam video yang diunggah di akun Instagramnya.

Beberapa waktu lalu, dalam video yang diunggah di Instagram Story Olvah menyampaikan pernyataan berbau rasis.

"Nih orang-orang ini orang China semua nih. Mereka takut loh, takut ama kita, padahal mereka yang bawa penyakit ke Indonesia," kata Olvah dalam video.

Sindir Legal Standing Pelapor Kasus Rasisme, Pigai Sebut Hanya Jokowi-Ganjar yang Bisa Melaporkannya
Halaman:
  • Penulis: Admin

Rekomendasi

 

Berita Terkait