Jitunews.Com
6 Desember 2021 22:29 WIB

China Ancam Lakukan Balasan jika AS Benar-benar Boikot Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022

Kemenlu China mengecam rencana pemerintah AS melakukan boikot diplomatik Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022

Juru Bicara Pemerintah China, Zhao Lijian (SCMP)

BEIJING, JITUNEWS.COM - Kementerian Luar Negeri China pada Senin (6/12) mengatakan bahwa pemerintah Amerika Serikat harus menghentikan rencana boikot diplomatik gelaran olahraga Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022. Pasalnya, langkah AS tersebut akan membuat hubungan bilateral kedua negara akan semakin memburuk dan China juga akan mengambil tindakan balasan yang diperlukan.

"Mereka yang menyerukan boikot adalah orang-orang sombong dan ini harus dihentikan agar tidak mempengaruhi dialog dan kerja sama antara China dan Amerika Serikat di bidang-bidang penting,” kata Zhao Lijian, juru bicara kementerian luar negeri China.

“Jika AS bersikeras dengan sengaja berpegang teguh pada jalannya, China akan mengambil tindakan balasan yang tegas,” katanya pada konferensi pers.



AS Bakal Lakukan Boikot Diplomatik Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022

Sebelumnya, pemerintahan Joe Biden pada pekan ini diberitakan akan segera mengumumkan langkah boikot diplomatik Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 yang artinya tidak ada pejabat pemerintah AS yang akan menghadiri event olahraga tersebut.

Langkah tersebut dilakukan sebagai respon atas tindak pelanggaran HAM yang dilakukan oleh pemerintah China terhadap kelompok etnis minoritas Xinjiang dan warga sipil Hong Kong.

Ukraina Minta Inggris, AS dan Kanada Kerahkan Pasukan ke Wilayah Perbatasan Rusia
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait