Jitunews.Com
6 Desember 2021 17:00 WIB

Aung San Suu Kyi Akhirnya Dijatuhi Hukuman Penjara 4 Tahun

Pihak junta militer Myanmar akhirnya menjatuhkan hukuman penjara selama 4 tahun bagi pemimpin pemerintahan sipil Myanmar, Aung San Suu Kyi.

Aung San Suu Kyi (REUTERS)

YANGON, JITUNEWS.COM - Tokoh pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi akhirnya dijatuhi hukuman empat tahun penjara karena telah menghasut warga sipil untuk melakukan aksi protes dan melanggar aturan pencegahan Covid-19. Hal itu disampaikan oleh juru bicara junta militer Myanmar Zaw Min Tun.

"Dia dijatuhi hukuman dua tahun penjara berdasarkan Pasal 505(b) dan dua tahun penjara berdasarkan undang-undang bencana alam," kata juru bicara tersebut dikutip Sputniknews.

Zaw Min Tun menambahkan bahwa mantan Presiden Win Myint juga dijatuhi hukuman penjara empat tahun dengan tuduhan yang sama.



Uni Eropa Berusaha Cegah Peningkatan Konflik Ukraina-Rusia

"Mereka akan menghadapi dakwaan lain," tambahnya tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Sidang pengadilan untuk salah satu kasus korupsi dijadwalkan pada 10 Desember, di mana Aung San Suu Kyi juga dapat secara resmi didakwa dengan tuduhan korupsi baru terkait dengan akuisisi helikopter penyelamat AW-139 buatan Italia pada Oktober 2019.

Aung San Suu Kyi, peraih Nobel Perdamaian 1991, adalah kepala pemerintahan sipil Myanmar hingga junta militer mengambil alih pemerintahan pada 1 Februari 2021. Kudeta militer tersebut memicu gelombang protes dari warga sipil, dan lebih dari 1.300 orang tewas dalam berbagai insiden bentrokan dengan pasukan militer.

Washington Hentikan Proses Negosiasi Perjanjian Nuklir, Iran: AS Enggan Cabut Sanksi
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait