Jitunews.Com
6 Desember 2021 16:00 WIB

Uni Eropa Berusaha Cegah Peningkatan Konflik Ukraina-Rusia

Kepala Urusan Luar Negeri Uni Eropa mengatakan bahwa pihaknya akan berusaha menggunakan langkah diplomatik untuk mencegah terjadinya peningkatan konflik di perbatasan Ukraina-Rusia

Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell (the Guardian)

BRUSSELS, JITUNEWS.COM - Kepala rusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan Uni Eropa Josep Borrell mengatakan bahwa Uni Eropa sedang melakukan upaya diplomatik untuk mencegah eskalasi ketegangan di perbatasan antara Rusia dan Ukraina.

"Kami menggunakan kapasitas diplomatik kami untuk memberi tahu Rusia bahwa [dugaan serangan] ini akan menjadi pelanggaran berat terhadap hukum internasional," kata Borrell dalam wawancara dengan surat kabar Italia La Repubblica.

Menurut Borrell, hal itu dilakukan untuk melindungi kepentingan Ukraina, dari ancaman Rusia.



Kamboja Minta Junta Militer Myanmar Diundang dalam KTT ASEAN

"Kami bekerja untuk menghindari krisis, tetapi dalam menghadapi keadaan yang tidak terduga, UE akan dengan teguh mendukung Ukraina," kata Borrell.

Sebagai mana diketahui, situasi ketegangan di perbatasan Ukraina dan Rusia belakangan ini semakin memanas usai Rusia mengerhakan pasukan militernya dalam skala besar ke wilayah tersebut. Negara-negara barat dan Ukraina menuding peningkatan aktivitas militer itu menunjukkan bahwa Rusia berniat melancarkan agresi terhadap Ukraina, yang tengah berjuang melawan kelompok separatis.

Sementara itu, Rusia membantah tuduhan tersebut dan mengatakan bahwa pemindahan pasukan ke wilayah perbatasan tidak dilakukan untuk mengancam pihak lain.

Kendaraan Junta Militer Tabrak Barisan Pengunjuk Rasa, Lima Orang Tewas dan Puluhan Luka Berat
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait