Jitunews.Com
1 Desember 2021 22:15 WIB

Ukraina Disebut Mulai Kerahkan Pasukan Militer ke Zona Konflik di Donbass

Juru bicara Kemenlu Rusia mengatakan bahwa Angkatan Bersenjata Ukraina sedang membangun kekuatan militer mereka

Prajurit militer Ukraina berjalan di sebuah parit pertahanan di wilayah perbatasan (Reuters)

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Juru bicara kementerian luar negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan bahwa Ukraina mulai mengerahkan angkatan bersenjatanya ke zona konflik di Donbass, yang teletak tak jauh dari perbatasan Rusia.

"Angkatan Bersenjata Ukraina sedang membangun kekuatan militer mereka, mengumpulkan peralatan berat, personel. Menurut beberapa laporan, jumlah pasukan Ukraina di zona konflik sudah mencapai 125.000, dan ini, jika ada yang tidak tahu, adalah setengah dari keseluruhan personil militernya," kata Zakharova pada briefing pada Rabu (1/12).

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan bahwa NATO berusaha menyeret Ukraina ke orbitnya dan mengubahnya menjadi negara 'anti-Rusia'.



Isu Ukraina Memanas, Menlu AS dan Rusia Bakal Gelar Pertemuan

“situasinya menjadi sangat rumit oleh garis destruktif terbuka negara-negara NATO, yang mencoba menarik Ukraina ke orbit mereka, untuk mengubahnya, dalam kata-kata presiden, menjadi 'anti-Rusia'. Pasokan senjata mematikan ke Kiev berkembang, dan manuver provokatif yang melibatkan Amerika Serikat di darat, di udara dan di laut dekat perbatasan kita berlipat ganda. Pada saat yang sama, mereka mencoba mendikte kami bagaimana Angkatan Bersenjata Rusia harus berperilaku di wilayah kami sendiri," kata Lavrov, berbicara di Dewan Federasi.

"Rusia akan terus bereaksi tegas terhadap setiap langkah NATO yang tidak bersahabat," tambah Lavrov.

Petinggi Militer AS Akui Pembentukan Aliansi AUKUS Adalah untuk Melawan China
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait