Jitunews.Com
1 Desember 2021 22:00 WIB

Petinggi Militer AS Akui Pembentukan Aliansi AUKUS Adalah untuk Melawan China

AUKUS merupakan sebuah aliansi pertahanan trilateral yang dibentuk oleh Inggris, Amerika Serikat dan Australia

Ilustrasi (reuters)

SYDNEY, JITUNEWS.COM - Kepala komando militer Amerika Serikat untuk wilayah Asia Kurt Campbell telah mengakui bahwa pakta AUKUS, yang mencakup penjualan kapal selam bertenaga nuklir ke Australia, sengaja dibentuk untuk melawan dominasi China di kawasan Indo-Pasifik.

Berbicara pada hari Rabu (1/12) di sebuah pertemuan Dewan Keamanan Nasional, ia mengatakan kepada audiensi di Lowy Institute, sebuah lembaga pemikir kebijakan internasional yang berbasis di Sydney, bahwa tujuan utama pembentukan AUKUS adalah untuk menyikapi peran China, daripada berbagi teknologi.

Kemitraan AUKUS “merupakan kekhawatiran yang jelas tentang apa yang telah kami lihat dalam hal tindakan dan kebijakan tertentu di pihak China, tetapi juga merupakan tekad bahwa kami memiliki peran di masa depan kami dan kami akan berdiri tegak,” katanya, dilansir dari Al Arabiya.



Hubungan Bilateral Memburuk, Semua Diplomat Rusia di AS Terancam Diusir

Campbell berpendapat bahwa AUKUS, yang merupakan kemitraan antara Inggris, AS dan Australia, adalah "upaya yang menentukan" sikap terhadap China. Ia juga mengatakan bahwa dia "sangat bangga dengan pencapaian tersebut."

Ia menjelaskan bahwa tindakan China di kawasan Asia Pasifik sangat provokatif, sementara “perang ekonomi” melawan Australia telah menyatukan kembali bekas sekutu ketika hanya tujuh atau delapan tahun yang lalu hubungan bilateral Inggris, AS, dan Australia berantakan.

"Beijing telah berusaha untuk membuat Australia bertekuk lutut dan kemudian menemukan jalan ke depan,” kata Campbell, seraya mengklaim bahwa hubungan Tiongkok-Australia pada akhirnya akan membaik seiring waktu.

"China akan menghormati ketahanan Canberra dan akan terlibat kembali dengan persyaratan Australia," katanya.

 

Isu Ukraina Memanas, Menlu AS dan Rusia Bakal Gelar Pertemuan
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait