Jitunews.Com
1 Desember 2021 17:30 WIB

Hadapi Ancaman NATO, Lukashenko Akan Minta Putin Kerahkan Senjata Nuklir Rusia ke Negaranya

Presiden Belarusia mengatakan sistem pertahanan atau senjata nuklir Rusia perlu diposisikan di negaranya jika NATO memutuskan untuk mengerahkan senjata nuklir ke Polandia

Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) dan Presiden Belarus Alexander Lukashenko (Al Jazeera)

MINSK, JITUNEWS.COM - Presiden Belarusia, Alexander Lukashenko mengatakan bahwa pihaknya akan meminta pemerintahan Vladimir Putin untuk mengerahkan senjata nuklir Rusia di wilayah Belarusia, jika pihak aliansi pertahanan negara barat, NATO, memutuskan untuk memposisikan senjata nuklir mereka di Polandia. Hal itu ia sampaikan dalam sebuah wawancara dengan media Rusia, Sputniknews.

"Dalam hal ini, saya akan mengusulkan kepada (Presiden Vladimir) Putin untuk kembali memposisikan senjata nuklir (Rusia) di wilayah Belarusia," kata Lukashenko.

Presiden Belarusia mengatakan bahwa pihaknya dan pemerintah Rusia akan mencapai kesepakatan terkait sistem pertahanan atau senjata nuklir mana yang perlu dikerahkan di Belarusia.



Mantan PM Jepang: Keadaan Darurat Taiwan adalah Keadaan Darurat Jepang

"Senjata nuklir yang paling efektif dalam kontak seperti itu. Kami siap untuk ini di wilayah Belarusia," kata Lukashenko.

Pernyataan tersebut ia lontarkan sebagai tanggapan atas pernyataan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg pada November lalu yang menyebut jika pihak aliansi bisa memindahkan senjata nuklir yang mereka miliki ke negara-negara di kawasan Eropa Timur, seperti Polandia, jika pemerintah Jerman tidak bersedia menampungnya.

 

Vladimir Putin Bilang Rusia Bakal Segera Punya Rudal Hipersonik dengan Kecepatan Mach 9
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait