Jitunews.Com
29 November 2021 20:15 WIB

Bisakah Test PCR Deteksi Varian Covid-19 Omicron? Begini Kata WHO

WHO menyatakan bahwa test PCR standar bisa mendeteksi infeksi yang disebabkan oleh varian omicron

Ilustrasi (Ist)

JENEWA, JITUNEWS.COM - Badan Kesehatan Dunia, WHO, menyatakan bahwa tes polymerase chain reaction atau PCR yang merupakan standar tes uji Covid-19 bisa digunakan untuk mendeteksi varian baru Omicron. WHO menambahkan bahwa saat ini para pakar masih melakukan penelitian apakah tes uji Covid-19 lain seperti Rapid Tes Antigen juga bisa menyediakan diagnosa yang efektif.

“Tes PCR yang banyak digunakan terus mendeteksi infeksi, termasuk infeksi Omicron, seperti yang telah kita lihat dengan varian lain juga. Studi sedang berlangsung untuk menentukan apakah ada dampak pada jenis tes lain, termasuk tes deteksi antigen cepat (Rapid Test Antigen)," kata WHO.

Pada Jumat pekan lalu, WHO sudah menyatakan Omicron, yang pertama kali terdeteksi awal bulan ini di Afrika selatan, menjadi varian yang mengkhawatirkan atau Variant of Concern (VoC). Klasifikasi tersebut menempatkan Omicron ke dalam kategori varian Covid-19 yang paling meresahkan, bersama dengan varian Delta yang menjadi varian Covid-19 dominan secara global.



Jerman dan Rusia Desak AS Berhenti Menekan Proyek Nord Stream 2

Pada Minggu (28/11), varian Omicron sudah menyebar ke seluruh dunia, dan memaksa negara-negara menutup pintu perbatasan internasionalnya.

Varian tersebut telah menimbulkan keraguan pada upaya global untuk memerangi pandemi karena adanya kekhawatiran bahwa varian baru Covid-19 jauh lebih mudah ditularkan daripada varian Delta.

Uni Eropa Terjunkan Tim untuk Amati Pemilu Venezuela, Presiden Maduro: Delegasi Mata-mata
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait