Jitunews.Com
19 Mei 2015 13:41 WIB

Yuk Cek Kelebihan Pupuk Organik ! Klik di Sini Yaa...

Ada 13 kelebihan pupuk organik

ISTIMEWA

Pertanyaan :

Apa sih kelebihan pupuk organik dibanding pupuk kimia ?

Galih, Brebes



Ingin Hasilkan Beras Analog? Ini Langkah Mudahnya!

Jawaban :

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Untuk menghasilkan berbagai macam komoditi pangan, masa tanam sangat perlu untuk diperhatikan. Pasalnya, masa tanam berperan penting untuk memprediksi hasil panen yang akan didapat. Dan salah satu faktor penting yang wajib dijaga ketika masa tanam yakni proses pemupukan. Lalu pupuk seperti apa yang bagus ? Pupuk organik atau kimia ?

Menjawab hal tersebut, jitunews telah menghimpun data dari berbagai sumber, dan jawabannya adalah pupuk organik. Mengapa ? Karena pupuk organik terbuat dari bahan-bahan alami, sehingga ketika dimanfaatkan. kadar resiko merusak lingkungannya tergolong minim. 

Adapun bahan-bahan organik tersebut antara lain sampah organik, sisa buah-bahan, sisa dedaunan, jerami, limbah ikan, kotoran ayam, kotoran sapi, hingga kotoran kambing, yang difermentasi hingga menjadi kompos, barulah siap digunakan. Dan berikut ini kelebihan-kelebihan yang ditawarkan pupuk organik :

1. Pupuk organik harganya murah dan mudah dibuat sendiri.

2. Pupuk organik mengandung unsur mikro yang lebih lengkap dibanding pupuk anorganik.

3. Pupuk organik akan memberikan kehidupan mikroorganisme tanah yang selama ini menjadi sahabat petani dengan lebih baik.

4. Pupuk organik mampu berperan memobilisasi atau menjembatani hara yang sudah ada di tanah, sehingga mampu membentuk partikel ion yang mudah diserap oleh akar tanaman.

5. Pupuk organik berperan dalam pelepasan hara tanah secara perlahan dan bertahap, sehingga dapat membantu dan mencegah terjadinya ledakan suplai hara yang dapat membuat tanaman menjadi keracunan.

6. Pupuk organik membantu menjaga kelembaban tanah dan mengurangi tekanan atau tegangan struktur tanah, pada akar-akar tanaman

7. Pupuk organik dapat meningkatkan struktur tanah. Dalam artian, komposisi partikel yang berada dalam tanah lebih stabil dan cenderung meningkat karena struktur tanah sangat berperan dalam pergerakan air, dan partikel udara dalam tanah, aktifitas mikroorganisme menguntungkan, pertumbuhan akar, dan kecambah biji.

8. Pupuk organik sangat membantu mencegah terjadinya erosi lapisan atas tanah yang merupakan lapisan mengandung banyak hara.

9. Pemakaian pupuk organik juga berperan penting dalam merawat tingkat kesuburan tanah yang sudah dalam keadaaan berlebihan pemupukan dengan pupuk kimia dalam tanah.

10. Pupuk organik berperan positif dalam menjaga kehilangan secara luas hara Nitrogen dan Fosfor yang terlarut dalam tanah

11. Keberadaan pupuk organik tersedia secara melimpah dan mudah didapatkan.

12. Kualitas tanaman yang menggunakan pupuk organik akan lebih bagus jika dibanding dengan pupuk kimia, sehingga tanaman tidak mudah terserang penyakit dan tanaman lebih sehat.

13. Untuk kesehatan manusia, tanaman yang menggunakan pupuk organik lebih menyehatkan karena kandungan nutrisinya lebih lengkap dan lebih banyak.

Setelah Anda mengetahui 13 kelebihan penggunaaan pupuk organik tersebut akankah Anda masih membabi buta dan selalu mengandalkan pupuk kimia untuk tanaman Anda ? Silahkan dipertimbangkan...

Ingin Menanam Bawang Putih? Beragam Varietas Ini Bisa Anda Jadikan Pilihan
Halaman:
  • Penulis: Christophorus Aji Saputro

Rekomendasi

 

Berita Terkait