Jitunews.Com
29 November 2021 17:00 WIB

Hubungan Bilateral Memburuk, Puluhan Diplomat Rusia Kembali Terusir dari AS

Dubes Rusia untuk AS mengatakan bahwa pada 30 Januari 2022 mendatang, ada 27 diplomat Rusia yang harus keluar dari AS

Bendera Rusia dan Amerika Serikat (istimewa)

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Duta besar Rusia untuk Amerika Serikat mengatakan bahwa ada 27 diplomat Rusia lagi yang diusir dari Amerika Serikat dan diminta untuk meninggalkan negara tersebut selambatnya tanggal 30 Januari 2022 mendatang.

"Diplomat-diplomat kami terus diusir keluar...sekelompok rekan saya, 27 orang (diplomat) beserta keluarga, akan meninggalkan kami pada 30 Januari (2022)...Kami menghadapi kekurangan staf yang serius," kata Dubes Rusia untuk AS Anatoly Antonov dalam sebuah wawancara pada Sabtu akhir pekan lalu, dikutip Reuters.

Sebelumnya, pemerintah Rusia sudah mengatakan bahwa sejak hubungan bilateral AS-Rusia memburuk pada 2016, ada lebih dari 100 diplomat Rusia beserta keluarganya yang diusir keluar dari negara tersebut.



Polandia Siap Bantu Danai Proses Pemulangan Imigran Ilegal ke Negara Asal

Menurut Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, per tanggal 29 Oktober lalu jumlah diplomat Rusia yang masih bertugas di Amerika Serikat sebanyak hampir 200 orang.

Sementara itu, Pemerintah Amerika Serikat pada bulan lalu mengatakan bahwa staf misi AS di Rusia telah menyusut menjadi 120 dari yang awalnya 1.200 pada awal 2017 lalu.

Kedutaan Besar AS di Moskow berhenti memproses visa non-diplomatik tahun ini dan menambahkan orang Rusia ke daftar "warga negara tunawisma" yang dapat mengajukan visa di negara ketiga.

 

Gegara Varian Omicron, Australia Kaji Ulang Rencana Buka Perjalanan Internasional
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait