Jitunews.Com
29 November 2021 15:45 WIB

WHO Bilang Varian Omicron Belum Tentu Lebih Berbahaya dari Varian Delta

WHO mengatakan bahwa data yang ada saat ini belum bisa menunjukkan bahwa varian Omicron lebih berbahaya daripada varian Delta

Kantor pusat WHO di Jenewa, Swiss (istimewa)

JENEWA, JITUNEWS.COM - Badan Kesehatan Dunia, WHO, pada Minggu (28/11) mengatakan bahwa data yang mereka miliki saat ini mash belum cukup untuk membuktikan apakah varian baru Covid-19 Omicron lebih berbahaya dari varian Delta, dan apakah varian tersebut mampu membuat efektivitas vaksin menurun.

"Belum jelas apakah Omicron lebih menular (misalnya, lebih mudah menyebar dari orang ke orang) dibandingkan varian lain, termasuk Delta. Jumlah orang yang dites positif telah meningkat di wilayah Afrika Selatan yang terkena varian ini, tetapi secara epidemiologis penelitian sedang dilakukan untuk memahami apakah itu karena Omicron atau faktor lain," kata WHO dalam sebuah pernyataan.

Organisasi itu juga menambahkan bahwa belum jelas apakah strain Omicron mengarah ke perjalanan penyakit yang lebih serius.



Muncul Varian Omicron, Jokowi: Menambah Kewaspadaan Kita

“Belum jelas apakah infeksi Omicron menyebabkan penyakit yang lebih parah dibandingkan infeksi varian lain, termasuk Delta," tambahnya.

"Data awal, menunjukkan bahwa ada peningkatan tingkat rawat inap di Afrika Selatan, tetapi ini mungkin karena peningkatan jumlah keseluruhan orang yang terinfeksi, bukan akibat infeksi spesifik karena Omicron," kata organisasi itu.

WHO juga bekerja dengan sekelompok ahli untuk mencari tahu apakah jenis baru Covid-19 tersebut dapat mempengaruhi efektivitas vaksin yang ada dan tindakan pencegahan lainnya.

Diberitakan sebelumnya, seorang dokter di Afrika Selatan, Dr. Angelique Coetzee, mengatakan jika sejumlah pasien Covid-19 yang dirawat di klinik tempat ia bekerja memiliki gejala yang lebih ringan dibandingkan dengan gejala infeksi yang ditimbulkan oleh varian Covid-19 Delta.

"Sebagian besar dari mereka melihat gejala yang sangat, sangat ringan... Kami telah mampu merawat pasien ini secara konservatif di rumah," katanya kepada Reuters.

Covid-19 Omicron Punya Gejala Lebih Ringan dari Varian Delta, Afsel Minta Negara-negara Tak Panik
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait