Jitunews.Com
28 November 2021 16:13 WIB

Aturan Pembatasan Perjalanan Internasional Disebut Tak Efektif Cegah Varian Omicron

Wakil menteri kesehatan Meksiko mengatakan jika aturan pembatasan perjalanan internasional tak cukup berguna dalam mencegah penyebaran varian Covid-19 Omicron

Wamenkes Meksiko Hugo Lopez Gatell (istimewa)

MEKSIKO CITY, JITUNEWS.COM - Wakil Menteri Kesehatan Meksiko mengatakan langkah-langkah seperti membatasi perjalanan atau menutup perbatasan tidak akan banyak berguna dalam menanggapi munculnya varian baru virus corona Omicron.

Hugo Lopez Gatell, yang menjadi kepala satuan tugas penanggulangan Covid-19 Meksiko, mengatakan bahwa beberapa tindakan yang diambil negara lain "tidak proporsional" dengan apa yang ditunjukkan oleh bukti ilmiah yang ada.

"Itu belum terbukti lebih mematikan atau menghindari respons imun yang disebabkan oleh vaksin," katanya dalam sebuah posting Twitter pada hari Sabtu (27/11).



Banyak Negara di Eropa Sudah Deteksi Kasus Infeksi Varian Omicron

"Pembatasan perjalanan atau penutupan perbatasan bukanlah tindakan yang sangat berguna. Itu hanya memberikan pengaruh (buruk terhadap) ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," tambahnya.

Seperti diketahui, varian baru tersebut telah memicu kekhawatiran global. Banyak negara, termasuk Indonesia, memberlakukan aturan larangan masuk bagi warga negara asing dari sejumlah negara Afrika.

Sebelumnya, Badan Kesehatan Dunia, WHO, juga sudah mengklasifikasikan varian Omicron tersebut sebagai "Variant of Concern" atau varian yang mengkhawatirkan. Meski demikian, WHO juga meminta negara-negara untuk tidak terburu-buru memberlakukan pembatasan perjalanan, dan mengatakan bahwa pemerintah di seluruh dunia harus mengambil "pendekatan ilmiah dan berbasis risiko".

Israel Tutup Pintu Perbatasan, Semua Pendatang dari Luar Negeri Dilarang Masuk
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait