Jitunews.Com
28 November 2021 14:00 WIB

Cegah Varian Omicron, Saran Pakar: Karantina 10 Hari bagi WNI yang Datang dari Afsel, Botswana, Eropa

Epidemiolog UGM menyarankan agar pemerintah memberlakukan aturan karantina selama sepuluh hari bagi WNI yang datang dari luar negeri guna meminimalisir penyebaran varian baru Covid-19 Omicron

Ilustrasi (istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Munculnya varian baru Covid-19 bernama Omicron diketahui telah memaksa banyak negara kini melarang warga negara atau wisatawan asing yang tercatat sempat berkunjung ke sejumlah negara Afrika. Aturan tersebut juga akan diberlakukan di Indonesia mulai Senin (29/11).

Untuk memastikan varian tersebut tidak menyebar ke Indonesia, Epidemiolog UGM, Prof Hari Kusnanto juga mengimbau warga negara Indonesia yang baru datang dari negara-negara Afrika untuk langsung melakukan karantina selama setidaknya sepuluh hari.

“Untuk kehati-hatian, karantina 10 hari bagi WNI yang datang dari Afsel, Botswana, Eropa dan lain-lain,” kata Hari dilansir dari Kumparan, Minggu (28/11).



Waspada Varian Omicron, Pemerintah Larang WNA Negara-Negara Afrika Masuk ke Indonesia

Sebelumnya, seiring dengan menurunnya kasus infeksi Covid-19 di Tanah Air, aturan durasi karantina sudah dipangkas menjadi tiga hari.

Hari menjelaskan bahwa saat ini pemerintah juga sudah menyiapkan tes PCR Khusus dan meningkatkan prosedur whole genom sequencing di bandara internasional.

“Sudah disiapkan di bandara-bandara Internasional test PCR khusus dan whole genom sequencing ditingkatkan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Hari mengatakan jika saat ini masih belum banyak yang diketahui terkait virus varian Omicron.

“Varian Omicron masih dalam penelitian, kita tunggu hasilnya,” pungkasnya.

 

Bamsoet Bilang Balap Formula E Bikin Bagus Nama Indonesia, Nggak Cuma Anies Baswedan
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait