Jitunews.Com
28 November 2021 13:20 WIB

Waspada Varian Omicron, Pemerintah Larang WNA Negara-Negara Afrika Masuk ke Indonesia

Aturan larangan masuk tersebut akan diberlakukan mulai Senin (29/11)

Bandara Soekarno-Hatta (detikcom)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menyebarnya varian baru Covid-19 Omicron di wilayah di Afrika memaksa sejumlah negara memutuskan untuk menutup pintu kedatangan dari sejumlah negara Afrika. Tak terkecuali pemerintah Indonesia.

Mulai Senin (29/11), semua warga negara asing yang tercatat pernah berada di wilayah negara-negara Afrika, seperti Afrika Selatan, Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Mozambik, Eswatini dan Nigeria, dilarang untuk masuk ke wilayah Indonesia. Keputusan ini tertuang dalam Edaran Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor IMIM-0269.GR.01.01 Tahun 2021, yang ditetapkan pada Sabtu (27/11).

Selain itu, pemerintah RI untuk sementara waktu juga akan menangguhkan pemberian visa kunjungan dan visa tinggal terbatas bagi warga yang berkebangsaan negara-negara tersebut diatas.



Kanada Minta Warganya Segera Tinggalkan Ethiopia

Namun, aturan tersebut tidak diberlakukan bagi warga negara yang akan akan menghadiri pertemuan KTT G20 pada 2022 mendatang.

Sebelumnya, sejumlah negara lain sudah lebih dahulu menutup pintu perbatasannya dari negara-negara Afrika, diantaranya Inggris, Israel, Australia, Amerika Serikat, Singapura, Thailand, Kuwait dan Brazil.

Muncul Varian Covid-19 Omicron, PDIP Minta Gerak Cepat Agar Tak Kecolongan
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait