Jitunews.Com
17 November 2021 10:12 WIB

Cegah Penyebaran Berita Hoaks, Kominfo Gelar Program Bimtek PIP di Makassar

Hal ini penting dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran berita-berita hoaks yang tumbuh di tengah masyarakat

Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi para Penyuluh Informasi Publik (PIP) Rekrutmen 2017-2019. (ist)

MAKASSAR, JITUNEWS.COM Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi para Penyuluh Informasi Publik (PIP) Rekrutmen 2017-2019. Setelah sebelumnya dilaksanakan di beberapa kota besar lain di Indonesia, kini kegiatan program penguatan kapasitas PIP itu digelar di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Kegiatan bimtek yang diselenggarakan secara hybrid mulai 15-17 November 2021 itu menghadirkan 4 (empat) pemateri dari beberapa kementerian. Pertama, Tenaga Ahli Menkominfo Bidang Literasi dan tata Kelola Internet Kominfo Donny B.U membawakan materi tentang keamanan siber. Kedua, Tim Ahli Gugus Tugas GNRM David Krisna Alka tentang perubahan perilaku masyarakat menyikapi adaptasi kebiasaan baru.

Pembicara ketiga yakni epidemologi Kesehatan Muda Kementerian Kesehatan Hakimi yang membahas perkembangan terkini vaksinasi Covid-19, dan keempat ialah Praktisi Media Sosial yang mengajarkan tentang pembuatan konten kreatif meme dan video singkat dengan menggunakan smartphone.



Setahun Jelang ASO, Kominfo-KPI Luncurkan Itung Mundur Migrasi Televisi Digital

Pada kesempatan tersebut, Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kominfo Hasyim Gautama menjelaskan program PIP sudah berjalan memasuki tahun keempat sejak 2017. PIP di Sulawesi Selatan berkontribusi besar dalam melakukan diseminasi informasi terkait program dan kebijakan pemerintah kepada masyarakat.

Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi, PIP wilayah penugasan kabupaten/kota di Sulawesi Selatan, mampu melakukan realisasi kegiatan hingga 411 kali. Adapun kegiatan diseminasi informasi tatap muka sebanyak 332 kali, melalui daring 79 kali, dan dengan jumlah masyarakat yang terpapar informasi mencapai 6.067 orang.

Selain itu, keaktifan PIP untuk melakukan diseminasi informasi melalui media sosial instagram maupun facebook selama kurun waktu tersebut dapat mencapai 256 kali.

“Melihat hasil monitoring dan evaluasi tersebut, sekali lagi saya sampaikan apresiasi kepada seluruh PIP di wilayah Sulawesi Selatan. Karena atas upayanya melakukan diseminasi informasi, masyarakat mendapat haknya untuk menerima informasi yang valid terkait program dan kebijakan pemerintah, khususnya terkait penanganan Covid-19 dan upaya pemulihan ekonomi yang dilakukan pemerintah,” tuturnya saat memberikan arahan kegiatan Bimtek PIP di Makassar, Selasa (16/11).

Ia berharap, ke depan PIP dapat terus meningkatkan komitmen untuk semakin bergerak masif. Meskipun dengan segala keterbatasan di masa pandemi Covid-19, aktivitas penyampaian informasi terkait program dan kebijakan pemerintah yang penting untuk diketahui masyarakat agar dapat tetap berjalan baik.

“Hal ini penting dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran berita-berita hoaks yang tumbuh di tengah masyarakat,” pungkas Hasyim.

Restui Merger Indosat dan Tri, Kominfo: Perhatikan Prinsip Perlindungan Konsumen dan Iklim Persaingan Usaha
Halaman:
  • Penulis: Vicky Anggriawan

Rekomendasi

 

Berita Terkait