Jitunews.Com
11 November 2021 13:30 WIB

Nggak Harus Keluar Banyak Modal, Begini Tips Investasi Aman yang Datangkan Cuan

Berikut ini beberapa tips sukses dalam berinvestasi

(istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Investasi adalah salah satu cara utama pengelolaan keuangan bagi sebagian besar masyarakat.

Dengan berinvestasi, seseorang berharap mampu meningkatkan sumber penghasilan dan kesejahteraan.

Akan tetapi, dalam berinvestasi tidak serta merta menyetor dana dan mendapatkan hasil yang berlipat ganda. Untuk memulainya, anda harus benar-benar memahami seluk beluknya. Jika investasi anda tepat sasaran, maka akan berbuah keuntungan dan sebaliknya.



Tips Kelola Uang THR Agar Tidak Habis

Investasi sendiri tidak memandang seberapa besar dana yang kita miliki, tapi seberapa bagus manajemen pengelolaannya. Nah, berikut tips agar sukses berinvestasi:

1. Memahami Logika

Anda harus bisa memilah penawaran investasi yang datang meski tidak sedikit yang menjanjikan keuntungan besar dalam waktu singkat. Mempelajari banyak informasi tentang investasi sangat penting agar tidak salah menempatkan dana yang dimiliki. Dalam hal ini, logika sangat diperlukan dalam berinvestasi agar dana bisa terkelola dengan baik dan bisa mendapatkan untung.

2. Jenis Investasi

Pilihan jenis investasi sangat beragam mulai dari investasi emas, reksadana, saham, properti, dan lain-lain. Anda wajib memiliki pengetahuan dan pemahaman yang detail terkait instrumen investasi beserta resikonya sebelum memutuskan. Apabila pemilihan instrumen investasi tepat, ditambah dengan pengetahuan dan pemahaman resiko yang baik, dana yang dikelola bisa tepat sasaran dan menghasilkan keuntungan.

3. Perusahaan Potensial

Semua investor pasti menginginkan keuntungan yang maksimal. Sektor penting yang dapat menopang keberhasilan investasi adalah pemilihan perusahaan yang dapat berkembangan baik di masa depan atau potensial.

Memang bukan perkara mudah dalam memprediksi perusahaan mana yang kemungkinan akan menjadi perusahaan besar. Oleh karena itu dibutuhkan riset yang mendalam untuk melihat track-record nya.

4. Manajemen Resiko

Dalam bisnis pasti ada keuntungan dan kerugian, begitu pula dengan investasi. Dua hal itu tidak akan lepas dari faktor resiko.

Dengan mengenal resiko, investor diharapkan lebih bijak dalam memilih invetasi. Selain itu, faktor penting lain yang harus dimiliki adalah bagaimana cara mengelola resiko dengan baik.

5. Panik

Kepanikan adalah penghancur keputusan. Kepanikan dapat membuat kita membuat keputusan keliru yang akan memperburuk keadaan. Penting bagi investor memiliki sebuah perencanaan yang matang sebelum berinvestasi agar meminimalisir kerugian dan kesalahan dalam memutuskan pilihan.

6. Zona Aman

Bagi investor yang tidak suka besprekulasi, investasi di zona aman sangat cocok. Salah satu contoh investasi zona aman adalah berinvestasi tanah. Investasi model ini cukup aman mengingat harga tanah setiap tahunnya cenderung mengalami kenaikan.

Cara Gampang Lunasi Utang dengan Metode Snowball
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait