Jitunews.Com
9 November 2021 15:00 WIB

Emas Dunia Berpeluang Naik, Pasar Tunggu Pidato Fed Powell

Sejumlah pejabat The Fed menyatakan bahwa suku bunga tidak akan mengalami kenaikan hingga akhir tahun 2022

Tambang Emas ilustrasi (Boombastis)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Di tengah gambaran pelemahan Dolar AS, pergerakan emas pada hari selasa (9/11) berpeluang mengalami kenaikan.

Menurut Tim Riset Monex Investindo Futures, hal ini disebabkan karena sejumlah pejabat The Fed memberikan pernyataan yang cenderung Dovish, atau mereka tidak tergesa-gesa dalam menaikkan suku bunga dalam waktu dekat.

Menurut Fed Clorida, tingkat suku bunga tidak akan mengalami kenaikan setidaknya hingga akhir tahun 2022. Fed Harker juga berpendapat bahwa dia tidak menginginkan kenaikan suku bunga sampai pemotongan pembelian obligasi. Demikian juga dengan Fed Evans. Menurutnya, kenaikan inflasi sebagian besar hanya bersifat sementara saja.



Serangan ISIS di Afghanistan Semakin Meningkat, AS: Kami Ingin Taliban Berhasil Melawan Mereka

Menurut Tim Riset Monex, melemahnya Dolar AS lainnya adalah faktor sejumlah pembuat kebijakan The Fed yang dikabarkan akan meninggalkan posisi anggota dewan bank sentral AS. Hal ini akan menambah kekhawatiran pasar terkait langkah kedepannya ditengah dorongan untuk melakukan pengurangan pembelian obligasi dan kenaikan suku bunga.

Pasar akan menanti data PPI AS yang akan dirilis hari ini pada pukul 20.30 Wib dan pidato ketua Fed Powell. Emas akan mengalami kenaikan jika data yang dirilis dan pidato Fed Powell cenderung pesimis dalam menaikkan suku bunga.

Berikut adalah data yang berpeluang menjadi katalis pergerakan emas hari ini:

20:30am USD PPI m/m forecast 0.6% previous 0.5%
USD Core PPI m/m FORECAST 0.5% previous 0.2%

21:00am USD Fed Chair Powell Speaks

23:35am USD FOMC Member Daly Speaks

Menurut Tim Riset Edukasi Monex, berikut tips untuk trading hari ini:

Emas berpeluang dibeli selama bergerak di atas level support di 1818 karena berpeluang bergerak naik membidik resistance di 1830. Namun, jika bergerak turun hingga menembus ke bawah level 1818, emas berpeluang dijual menguji support selanjutnya di 1810.

Level Support : 1818 - 1810 - 1800.

Level Resistance : 1830 - 1838 -1848

 

Konflik Myanmar Memburuk, PBB: Harus Segera Dihentikan
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait