Jitunews.Com
5 November 2021 22:39 WIB

14 LSM Tolak Pengangkatan Andika Calon Panglima TNI, Moeldoko: Pertimbangannya Senioritas

Moeldoko juga mengatakan bahwa selama ini Panglima TNI lebih banyak dari matra darat.

Andika Perkasa (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sebanyak 14 Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) menolak usulan Presiden Joko Widodo yang menjadikan KSAD Jenderal Andika Perkasa sebagai calon panglima TNI. Mereka menyoroti keterlibatan Andika dalam pelanggaran hak asasi manusia (HAM) di Papua.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Staf Presiden (KSP) Moledoko mengatakan bahwa usulan Presiden Jokowi itu sudah sesuai aturan. Ia mengatakan bahwa semua kepala staf siap dipilih menjadi Panglima TNI.

"Ya boleh saja masyarakat mengkritik, tapi saya juga ingin memberikan penjelasan bahwa beberapa pertimbangan. Yang pertama, para kepala staf itu semuanya siap menjadi panglima," kata Moeldoko dalam keterangan resminya, Jumat (5/11/2021).



Calon Tunggal Panglima TNI, Andika Perkasa Diminta Perhatikan Kesejahteraan Prajurit

Moeldoko juga mengatakan bahwa selama ini Panglima TNI lebih banyak dari matra darat. Namun, kata dia, hal tersebut bukanlah suatu hal yang bersifat tetap.

"Secara tradisi yang sebenarnya berjalan, bukan darat-laut-udara, bukan. Darat-laut, lalu darat-udara, nanti darat lagi. Itu tradisi yang berjalan selama ini, akan tetapi tidak juga tradisi itu bersifat permanen," ujarnya.

"Kebetulan Pak Andika kepala staf yang senior. Itu bisa pertimbangannya senioritas," lanjutnya.

Verifikasi Dokumen Calon Panglima TNI Dinyatakan Lengkap, Meutya: Fit and Proper Akan Dilaksanakan Besok
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait