Jitunews.Com
2 November 2021 18:27 WIB

5 Tips Mudah Mengelola Stok Barang Agar Bisnis Efisien

Manajemen gudang yang baik akan memperlancar proses penjualan

Ilustrasi (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Buat mereka yang menjalankan bisnis jual beli rumah atau mobil mungkin akan mengatakan bahwa mengelola stok barang adalah hal yang mudah. Namun tak demikian halnya dengan pengusaha retail atau grosir. Dengan jumlah barang mencapai ribuan, mengelola stok barang sudah pasti jadi pekerjaan yang memusingkan. Inilah sebabnya banyak pengusaha retail yang mencari tips terbaik kelola stok barang.

Fungsi gudang sangatlah erat kaitannya dengan penjualan. Manajemen gudang yang baik akan memperlancar proses penjualan. Mulai dari lalu lintas barang di gudang, kualitas barang, penataan barang di dalam gudang, hingga tertib administrasi akan terjaga berkat adanya manajemen gudang yang baik. Untuk membantu membuat manajemen gudang anda menjadi lebih baik, berikut ini sejumlah tips cara kelola barang dengan mudah yang dilansir dari situs Jurnal.id pada halaman situsnya mengenai stok barang di https://www.jurnal.id/id/aplikasi-stok-barang/ :

1. Pisahkan stok lama dan baru



5 Usaha Ternak yang Menguntungkan di Lahan Sempit

Memisahkan stok lama dengan yang baru berguna untuk menghindari barang berujung kadaluarsa. Dengan mengetahui mana stok lama dan yang baru, anda bisa mengeluarkan barang yang lama untuk dijual terlebih dahulu.

Jika dilakukan secara manual, proses memilah mana yang masuk kategori stok lama dan mana yang baru tentunya akan makan waktu. Namun jika anda menggunakan aplikasi stok barang proses ini akan menjadi lebih cepat karena sistem yang akan membantu anda memilah barang-barang anda.

2. Pisahkan barang yang laku dan yang tak laku

Tips kelola stok barang yang kedua yakni pisahkan antara barang yang laku dan yang tidak. Dengan memisahkan kedua jenis barang ini, anda akan membantu penjualan. Karena barang yang laku lebih cepat habis dan pergerakannya lebih cepat dibandingkan barang yang tak laku, anda perlu mengatur supaya barang yang cepat laku lebih mudah dikeluarkan dari gudang.

Untuk barang yang tak laku, ada sejumlah tips yang bisa anda pelajari untuk menjadikan barang-barang tersebut ikut laris diborong pelanggan. Beberapa cara yang bisa anda gunakan yakni gunakan strategi marketing yang berbeda, pakai metode penjualan yang berbeda, dan berbagai cara lainnya.

3. Catat dengan akurat

Data adalah hal yang esensial dalam manajemen gudang. Setiap barang yang keluar masuk gudang harus dicatat dan diupdate secara berkala. Inilah tips kelola stok barang yang ketiga. Jangan sampai barang yang keluar dari gudang tidak terdokumentasi dan membuat anda rugi.

Mungkin anda tak akan merugi terlalu banyak jika barang yang hilang dari gudang hanya sedikit atau yang harganya murah. Namun bisa dibayangkan berapa kerugian yang anda terima jika anda menjual ponsel pintar seperti iphone dan ada 5 yang hilang dari gudang anda. Gawat kan?

4. Buat forecast

Setelah data barang yang keluar masuk gudang berhasil dicatat, tips kelola stok barang berikutnya yang harus anda jalankan adalah membuat forecast persediaan stok barang yang dibutuhkan dalam periode tersebut.
Langkah yang keempat ini akan sulit jika anda menjual produk dengan banyak jenis. Selain itu, penentuan jumlah per barang juga akan menjadi penentuan yang menjadikan pembuatan forecast terasa sulit.

Maka dari itu banyak pebisnis retail yang menggunakan sistem inventaris untuk memudahkan mereka membuat forecast persediaan stok barang. Software inventaris mampu membuat forecast persediaan barang secara otomatis.

5. Berikan barcode

Ini dia cara kelola barang di gudang yang sedang naik daun di kalangan pebisnis retail di Indonesia. Memberikan barcode kepada setiap barang tak hanya memudahkan anda untuk mencatat barang yang keluar masuk gudang, namun juga mempercepat proses stock opname yang anda lakukan secara periodik.

Cukup banyak sistem inventaris yang sudah terintegrasi dengan sistem barcode di Indonesia. Penggunaannya pun cukup mudah. Anda tinggal arahkan barcode scanner ke arah barcode yang tertera di barang dan informasi yang anda inginkan pun akan tersedia.

Lima tips kelola stok barang di atas bisa anda terapkan untuk memudahkan anda melakukan manajemen gudang. Untuk mendukung penerapan tips di atas, pastikan anda menggunakan sistem yang tepat, seperti software manajemen gudang dari Jurnal by Mekari.

Penggunaan software yang tepat bukan hanya membantu anda menjalankan bisnis anda dengan lebih efektif dan efisien, namun juga berpotensi menghemat pengeluaran anda dalam jangka panjang.

Gunakan Aplikasi Pengelolaan Stok Barang

Mengelola dan mengontrol stok barang dalam jumlah yang banyak di dalam gudang tidaklah mudah. Anda akan sangat repot jika hanya mengandalkan kertas dan bolpoin saja.

Cara tersebut sangat rawan dengan kesalahan dan proses pengecekan juga akan membutuhkan waktu yang sangat lama. Anda dapat menggunakan bantuan aplikasi untuk mengatur dan mengontrol stok di gudang.

Selain itu, dokumen dari segala aktivitas yang terjadi juga akan tercatat dalam sistem sehingga akan lebih menghemat waktu, biaya serta tenaga. Dengan begitu pengelolaan stok akan menjadi efektif dan efisien.

Sejalan dengan itu pendapatan Anda juga akan maksimal. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi stok barang yang akan memberikan kemudahan dan kepraktisan.

Salah satunya dengan Jurnal aplikasi stok barang. Jurnal merupakan salah satu aplikasi stok barang terbaik yang dapat membantu Anda mengelola persediaan.

Dengan menggunakan Jurnal, Anda dapat mengontrol pergerakan stok barang, melihat arus keluar masuk barang, menyediakan laporan stok secara up to date dan real time.

Sistem juga akan mengintegrasikan data stok persediaan terhadap bagian lain seperti penjualan, pembelian, dan laporan keuangan.

Jurnal juga membantu Anda dalam melakukan pemesanan stok tepat waktu. Di mana, Anda hanya perlu mengatur batas minimal stok barang Anda, Jurnal akan mengirimkan notifikasi ketika stok Anda akan segera habis. Gunakan Jurnal sekarang, dan cari tahu manfaat apa yang akan didapat.

10 Jualan yang Paling Laku di Masa Pandemi
Halaman:
  • Penulis: Aurora Denata

Rekomendasi

 

Berita Terkait